Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Joe Biden Umumkan Susunan Kabinet Pertamanya, Ini Formasinya

Internasional
24 Nov 2020
Joe Biden Umumkan Susunan Kabinet Pertamanya, Ini Formasinya

hariansuara.com, New York - Meski belum dilantik, Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, tampaknya ingin gerak cepat. Politikus senior Partai Demokrat itu mengumumkan susunan kabinet pertamanya.

Dikutip hariansuara dari laman New York Times, Selasa, 24 November 2020, Biden tampaknya menempatkan sejumlah loyalisnya di jajaran menterinya. Salah satu yang mencuat adalah nama Antony Blinken.

Nama Antony Blinken sudah dikenal sebagai salah satu pendukung Biden, Saat Pilpres AS, Blinken beberapa kali menemani Biden termasuk saat ke Georgia dan Ohio.

Biden bersama Kamala Harris akan dilantik pada Januari 2021. Politikus 78 tahun itu akan memimpin komando kepemimpinan AS setelah Donald Trump mulai 21 Januari 2021.

Berikut ini nama calon menteri kabinet pertama Joe Biden.

1. Menteri Luar Negeri - Antony Blinken

Blinken pernah menjabat sebagai wakil menteri luar negeri dan wakil penasihat keamanan nasional di bawah pemerintahan Obama-Biden. Dia telah menjadi penasihat Biden tentang kebijakan luar negeri sejak 2002.

2. Alejandro Mayorkas, Menteri Keamanan Dalam Negeri

Mayorkas merupakan mantan jaksa federal California, pernah menjabat sebagai wakil menteri di Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS di bawah pemerintahan Obama.

3. Jake Sullivan - Penasihat Keamanan Nasional

Sullivan menjabat sebagai penasihat keamanan nasional bagi Biden ketika menjabat sebagai wapres, dia juga pernah menjabat wakil kepala staf Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

4. Avril Haines - Direktur Intelijen Nasional

Haines adalah wakil penasihat keamanan nasional di bawah pemerintahan Obama dan menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Wakil Direktur CIA.

5. Linda Thomas-Greenfield - Dubes AS untuk PBB

Thomas-Greenfield adalah diplomat karir yang menjabat sebagai diplomat tertinggi untuk Afrika di pemerintahan Obama, pada tahun 2013 hingga 2017. Dia memimpin kebijakan AS di sub-sahara Afrika selama wabah Ebola di Afrika Barat.

6. Janet Yellen - Menteri Keuangan

Yellen adalah seorang ekonomi karir yang menghabiskan bertahun-tahun bekerja di Federal Reserve AS, termasuk menjabat sebagai ketua dari tahun 2014-2018. 

7. John Kerry - Utusan Khusus untuk Iklim

Kerry adalah mantan menteri luar negeri di bawah Obama. Biden menunjukknya sebagai utusan untuk bidang iklim di bawah Dewan Keamanan Nasional. Posisi baru ini adalah pertama kalinya anggota dewan akan mendedikasikan diri untuk perubahan iklim. (*) stm/lia        FOTO: Joe BidenTwitter @joebiden

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X