Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Kemlu Tegaskan RI Komitmen Bela Kemerdekaan Rakyat Palestina

Internasional
15 Dec 2020
Kemlu Tegaskan RI Komitmen Bela Kemerdekaan Rakyat Palestina

hariansuara.com, Jakarta - Kebijakan pembukaan calling visa untuk warga negara Israel membuat Indonesia disorot. Isu liar mencuat dengan kesiapan pemerintah RI membuka diplomasi untuk Israel.

Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menepis isu tersebut. Dalam pernyataan resminya, Kemlu menegaskan Indonesia tak ada rencana membuka diplomasi dengan Israel.

Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah menyampaikan pihaknya akan konsisten menjalankan amanat politik luar negeri Indonesia.

"Kami sampaikan lagi bahwa Kemlu tidak pernah sekalipun berhubungan dengan Israel. Dalam menjalankan politik luar negeri RI terkait isu Palestina, Kemlu menjalankannya secara konsisten sesuai amanah konstitusi," ujar Teuku, dalam keterangannya, Selasa, 15 Desember 2020.

Teuku menekankan pemerintah RI tak akan terpengaruh dengan manuver Maroko, Bahrain, dan Sudan yang membuka jalur diplomasi untuk Israel. Kata dia, Indonesia tetap komitmen dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.

"Bagi Indonesia, penyelesaian Palestina dengan menghormati resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa terkait, serta parameter yang disepakati secara internasional, termasuk two-state solution," jelas Teuku.

Di media Israel, Indonesia diisukan secara liar akan membuka hubungan diplomatik negara zionis tersebut. Jagad maya pun ramai memperbincangkan masalah tersebut.

Isu ini mencuat karena artikel Jerusalem Post yang menulis 'Oman, Indonesia likely next countries to forge ties with Israel'. Artikel tersebut disiarkan pada Minggu, 13 Desember 2020 lalu. Namun, artikel tersebut tanpa ada konfirmasi dari pemerintah RI.

Dalam tulisannya, artikel tersebut memuat frame Indonesia berpotensi menjadi negara yang jalin hubungan diplomatik dengan Israel. Sumber media tersebut adalah sumber yang disembunyikan alias tak disebutkan namanya.

Dari sumber itu mengklaim ada pembicaraan arah Indonesia setuju diplomasi dengan Israel sebelum Donald Trump mundur secara resmi sebagai Presiden AS sejak 20 Januari 2021.

"Dari sumber kami dalam diplomatik memperlihatkan Oman dan Indonesia sebagai dua negara yang sudah melakukan pembicaraan untuk normalisasi dapat diumumkan," tulis artikel Jerusalem Post mengutip sumber diplomatik.(*) stm/umi      FOTO: Aksi Gaza Utara tolak Israel/FOTO: @Turkinesia_Net

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X