Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Terdiagnosis Afasia, Aktor Hollywood Bruce Willis Sulit Diajak Berkomunikasi 

Internasional
31 Mar 2022
Terdiagnosis Afasia, Aktor Hollywood Bruce Willis Sulit Diajak Berkomunikasi 

hariansuara.com - Siapa yang tak tahu Bruce Willis? Nama dan akting pesohor dunia kelahiran 9 Maret 1955 itu menjadi jaminan atas film-film yang dibintanginya itu berkualitas. Ibaratnya, jangan sampai terlewati. Sebut saja, Death Wish, Surrogates, Mercury Rising, Die Hard dan The Sixth Sense.

Empat dekade dalam hidupnya digunakannya untuk bermain film. Kini karier cemerlangnya itu harus ditinggalkannya. Ia harus menyerah akibat gangguan afasia yang menderanya.

Ayah dari 5 putri dari dua perkawinannya. Rumer, Scout dan Tallulah dari pernikahan pertamanya dengan aktris Demi Moore, pemeran dalam film Ghost yang fenomenal. Keduanya bercerai, lalu Bruce menikahi Emma Heming dan memiliki dua putri, Mabel dan Evelyn.

Yang menarik dari Bruce Willis, kendati telah terpisah oleh perceraian dari Demi Moore, ia tetap menjalin hubungan persahabatan dan persaudaraan. Dua keluarga tersebut rukun, dan kerap kumpul bersama saat Natal atau sekadar makan bersama.

Saat kini Bruce Willis mengalami afasia, dua keluarga yang ‘menyatu’ itu, istilah Demi ‘blended family’ pun kompak. Mereka sangat prihatin dan bersama melakukan yang terbaik bagi Bruce Willis.  

”Kepada para pendukung Bruce yang luar biasa, sebagai keluarga, kami ingin menyampaikan bahwa Bruce tercinta telah mengalami beberapa masalah kesehatan. Baru-baru ini ia didiagnosis menderita afasia yang memengaruhi kemampuan kognitifnya," tulis Demi di akun instagramnya @demimoore.

Kompak, postingan tersebut juga di-upload oleh Emma Heming, istri Bruce Willis sekarang di @emmahemingwillis, maupun anak-anak Bruce-Demi @rumerwilis, misalnya. 

Mengingat kemunduran kognitifnya, kata mereka, Bruce harus menjauh dari dunia akting yang sangat berarti baginya. 

Demi maupun Emma dan anak-anak mereka semakin solid menghadapi realita yang terjadi pada Bruce Willis. Memang, pria tersebut sosok yang menyatukan keluarga mereka. Figur yang membuat anak-anak tumbuh bahagia dan tidak harus merasakan ‘broken home’.

Sebaliknya, mereka merasa sebagai satu unit keluarga yang kuat. Mereka berbagi kondisi terkini Bruce Willis kepada para penggemarnya. Pertimbangannya, mereka yakin para fans Bruce sangat mencintainya, pun sebaliknya. Apa yang dimaksud Afasia?

Afasia Sebabkan Sulit Komunikasi Verbal dan Tulisan 

Afasia bukanlah penyakit, melainkan sinyal akan adanya kerusakan pada otak. Penyebabnya bisa stroke, cedera di kepala, tumor maupun radang otak). Pada kasus stroke, misalnya, darah tidak mengalir secara merata. Sel-sel otak yang tidak teraliri darah tersebut menjadi rusak atau mati. Penderita stroke sekitar 25-40% mengalami afasia. 

Pada kasus Bruce Willis, sel-sel otak yang terkait dengan fungsi berbahasa dan berkomunikasi itu yang rusak atau mati. Alhasil, Bruce Willis mengalami kemunduran dalam memahami perkataan orang, juga mengutarakan pikirannya, baik verbal maupun tulisan. 

Ketidakmampuan memahami dan mengutarakan pikiran tentu menjadi berat bagi Bruce untuk terus berkecimpung di dunia akting. Karenanya, dengan berat pihak keluarga mengambil kebijakan bagi Bruce untuk mundur dari karier yang dirintisnya berpuluh tahun.

Namun, sejauh ini pihak keluarga tidak menyatakan penyebab afasia yang dialami Bruce Willis. Saat ini tim dokter masih terus melakukan diagnosa seberapa jauh keseriusan afasia yang dialami aktor kawakan itu serta menentukan pengobatan yang tepat. 

Yang mesti diantisipasi, kata pakar, adalah komplikasi yang menyertai afasia. Misalnya, karena kesulitan berkomunikasi maka si penyandang afasia bisa dirundung rasa cemas, depresi dan terisolasi.  (*) Maulana/MTS        Foto: @demimoore, @emmahemingwillis 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X