Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Raja Charles III Resmi Bertahta di Kerajaan Britania Raya

Internasional
13 Sep 2022
Raja Charles III Resmi Bertahta di Kerajaan Britania Raya

hariansuara.com - Sejak Sabtu (10/9/2022) lalu, Kerajaan Britania Raya dipimpin Raja Charles III. Ditandai dengan prosesi proklamasi di Istana St. James, London. Pangeran Charles menandatangani sumpah selaku Raja Inggris untuk menegakkan keamanan Gereja di Skotlandia. Disaksikan oleh Dewan Aksesi, Pangeran William sebagai Prince of Wales, calon Raja berikutnya, dan Ratu Camilla, permaisuri Raja Charles. 

Sepeninggal Ratu Elizabeth II pada 8 September lalu, inilah proklamasi resmi yang disiarkan secara online. Terakhir upacara serupa digelar pada 1952 untuk Ratu Elizabeth II di usianya ke-25 tahun. 

"Kami ... sekarang dengan satu suara dan persetujuan dari lidah dan hati memublikasikan dan menyatakan bahwa Pangeran Charles Philip Arthur George sekarang, setelah kematian mendiang Sovereign of happy memory -- Ratu Elizabeth II --, menjadi satu-satunya penguasa sah kami, Charles III," demikian dibacakan teks proklamasi tentang ditahbiskannya Charles jadi Raja Inggris di usia 73 tahun. Tercatat, menjadi raja tertua dalam sejarah Inggris.

Raja Charles menandatangani dengan "Charles R". 'R' itu sendiri singkatan dari Rex (Latin) yang berarti Raja, sedangkan bagi Ratu, 'R' adalah Regina. 'R' tanda tangan tradisional Raja dan Ratu peninggalan warisan sejak Abad 12.

"Dalam mengambil tanggung jawab-tanggung jawab ini, saya akan berusaha mengikuti teladan menginspirasi yang saya pijak dalam menjunjung pemerintahan konstitusional dan untuk mendapatkan perdamaian, harmoni, dan kesejetahteraan untuk Pulau-Pulau dan Wilayah Persemakmuran di seluruh dunia," ujar Raja Charles III.

Ada cerita menarik, sekaligus menyentuh. Ternyata wadah perak untuk tinta yang Charles gunakan menandatangani dokumen adalah hadiah dari kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry atau Duke of Sussex. Itu yang membuat Charles amat bahagia. Pun, dukungan konstan dari istrinya, Camilla. 

Seiring dengan itu, para prajurit menyambut proklamasi Raja Charles III dengan suara tembakan dari meriam di Tower of London dan Hyde Park. (*) Maulana/MTS          Foto: IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X