Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Presiden Jokowi Buat Kebijakan Selamatkan UMKM dan Koperasi 

Istana & Kementerian
02 Aug 2020
Presiden Jokowi Buat Kebijakan Selamatkan UMKM dan Koperasi 

hariansuara.com, Jakarta – Indonesia masih menghadapi ujian yang luar biasa, yakni pandemi Covid-19. Seluruh sendi kehidupan, termasuk bidang perekonomian terkena imbasnya. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada 1998 yang tampil heroik dalam menyelamatkan Indonesia dari krisis moneter, kali ini tak kuasa menghadapi pandemi. Pun, koperasi. 

Untuk itulah, beberapa waktu lalu pemerintah mengambil sejumlah kebijakan untuk menyelamatkan UMKM dan koperasi. “Kepada UMKM, pemerintah telah menyiapkan bantuan modal kerja produktif bagi setidaknya 12 juta pelaku usaha. Saya berharap, kebijakan ini akan mengungkit perekonomian dan mengurangi beban akibat pandemi Covid-19,” pesan Presiden Jokowi, yang dikutip dari IG resmi @jokowi. 

Bantuan juga diberikan untuk membiayai koperasi sebesar Rp1 triliun pada masa pemulihan ekonomi. Presiden meminta pembiayaan tersebut segera diberikan kepada koperasi-koperasi agar selanjutnya, dari koperasi juga diteruskan kepada anggota-anggota pelaku usaha secepat-cepatnya. "Sekali lagi, salurkan cepat dan sederhanakan prosesnya,” pesan Jokowi.

Presiden juga sempat menemui 60 pelaku usaha mikro dan kecil dari sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu di halaman tengah Istana Merdeka. Ia menerima mereka dalam dua sesi pertemuan sesuai dengan protokol kesehatan untuk tetap menjaga jarak dan tidak berkerumun. 

Kepada mereka, Presiden menyerahkan secara langsung bantuan modal kerja dari pemerintah. "Jumlahnya mungkin tidak banyak, hanya 2,4 juta rupiah. Tapi bantuan ini saya harapkan dapat meringankan beban para pelaku usaha mikro dan kecil akibat pandemi Covid-19,” keterangan dari Presiden Jokowi.  “Bantuan serupa juga akan segera didapatkan oleh kurang lebih 12 juta usaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia.” (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X