Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Gencar Kerja Sama Pertahanan, Prabowo Kini Gandeng Menhan Prancis

Istana & Kementerian
23 Oct 2020
Gencar Kerja Sama Pertahanan, Prabowo Kini Gandeng Menhan Prancis

hariansuara.com, Paris - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto terus melakukan penjajakan terkait kerjasama sektor pertahanan dengan negara lain. Setelah dengan AS, kini Prabowo melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly.

Dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan, pertemuan keduanya dilakukan di Kantor Kementerian Pertahanan Prancis di Paris, pada Kamis waktu setempat, 22 Oktober 2020. Dubes RI untuk Prancis juga menemani Prabowo dalam pertemuan itu.

Prabowo menyampaikan kerja sama ini penting untuk memperkuat sektor pertahanan negara Indonesia. Ia bilang selama ini Prancis dikenal sebagai salah satu negara kuat di Eropa dalam militer laut.

Dia menekankan selama ini, hubungan bilateral antara Prancis dengan Indonesia di sektor militer cukup dekat. Bahkan, di era Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, sektor pertahanan kedua negara diperkuat dengan saling mengirim perwira militer angkatan laut dan angkatan darat.

Untuk alutsista, Prabowo menambahkan perlunya penguatan kemaritiman. Kata dia, Prancis sebagai salah satu jagonya soal urusan militer laut.

"Indonesia ingin terus mengembangkan kerja sama dengan Prancis di berbagai sektor pertahanan termasuk dalam memperkuat alutsista TNI dan memajukan kapasitas industri pertahanan Indonesia sebagai bagian dari global production chain produk alutsista," jelas Prabowo yang dikutip pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Kerja sama Indonesia-Prancis di bidang pertahanan selama ini dilandaskan kesepakatan kedua negara pada 2017 melalui Letter of Intent (LoI) atau Pernyataan Kehendak untuk peningkatan kerja sama pertahanan termasuk kerja sama kelautan dan keamanan maritim.

Menurutnya, kedekatan RI dengan Prancis dijalin sejak 2012. Tak hanya pertukaran perwira, tapi ada juga pelatihan dan pendidikan, saling kunjung, dan pemberantasan terorisme. 

Pun, Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Armanatha Nasir menyampaikan pertemuan kedua Menhan ini sudah berlangsung dua kali di tahun ini. Hal ini menunjukkan semakin intensifnya komunikasi dan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Prancis.

“Tidak saja terlihat dari intensitas komunikasi kedua Menhan,namun juga dengan kegiatan kelompok kerja strategic defense equipment cooperation yang sudah dua kali bertemu tahun ini,” ujar Nasir. (*) zai/lia       FOTO: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Twitter @prabowo

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X