Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Penetapan Pemerintah, 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 

Istana & Kementerian
12 May 2021
Penetapan Pemerintah, 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 

hariansuara.com, Jember - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 H/2021 M jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Pertimbangannya berdasarkan keputusan sidang isbat pada Selasa (11/5/20210) yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta. 

Ada dua faktor, menurut Menag, yang melandasi kesepakatan tersebut. Pertama, paparan dari Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, bahwa tinggi hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk, dari minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat. Maka, secara astronomis atau hisab, hilal tidak dimungkinkan untuk dilihat. Dikonfirmasi pula berdasarkan pernyataan para perukyah yang diturunkan Kemenag.  

Tahun ini, dari 88 titik rukyah Kemenag dilakukan di Indonesia di bawah sumpah, mulai dari Aceh hingga Papua, tidak ada satu pun perukyah dapat melihat hilal. 

Karena dua alasan tersebut, Sidang Isbat menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Ramadan menjadi 30 hari, dan 1 Syawal 1442 H jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 adalah puasa terakhir Ramadan. Malam Kamis nanti takbiran menyambut Idul Fitri. Menag kembali mengingatkan, selalu patuhi protokol kesehatan.

Demikian Menag, didampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Ketua Komisi VIII DPR TB Ace Hasan Syadzili, Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, dan Dirjen Kemenag Bimas Islam, Kamaruddin Amin. Hadir pula beberapa perwakilan Duta Besar Negara Sahabat. 

Hanya mereka yang hadir secara fisik dalam Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H. Sementara para pimpinan ormas, pakar astronomi, Badan Peradilan Agama, serta para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama lainnya mengikuti jalannya sidang isbat melalui media konferensi video. (*) mel/mel     Foto: @kemenag_ri

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X