Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Arahan Presiden Joko Widodo: Kepala Daerah Waspadai Varian Baru COVID-19

Istana & Kementerian
17 May 2021
Arahan Presiden Joko Widodo: Kepala Daerah Waspadai Varian Baru COVID-19

hariansuara.com, Jakarta - Usai apel akbar di depan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Jalan Sudarman, Senin (17/05/2021) tadi, Bupati Hendy Siswanto berpindah ke Pendopo Wahyawibawagraha. 

Turut mendampingi, Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember. Agenda siang itu mengikuti pengarahan Presiden RI, Joko Widodo, secara daring kepada Kepala Daerah se-Indonesia.

Materi arahan menyangkut fenomena yang terjadi masih juga sementara warga yang mudik. Meski penjagaan sudah ditegakkan, tetap ada saja yang ngeyel memaksa menerabas penyekat yang dibuat untuk mencegah arus mudik.

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar Kepala Daerah meningkatkan kewaspadaan terhadap varian baru COVID-19 yaitu B.1.17 UK Strain dan B.1.351 Strain Afrika Selatan. Di Indonesia masuk melalui Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang dari Arab Saudi, Ghana, Malaysia dan juga Warga Negara India.

Tim medis telah menemukan varian baru COVID-19 tersebut sejumlah Provinsi Sumatera Selatan dan Sumatera Utara, Kalimantan Tengah dan Kalimaintan Selatan, Bali, Jawa Barat, serta DKI Jakarta. 

Bahkan informasi dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, Herlin Ferliana, mengonfirmasi di Jawa Timur pun varian COVID-19 yang baru tersebut juga telah ditemukan, mengutip beritajatim.com (17/05/2021). Di Jawa Timur ditemuka di Kabupaten Mojokerto (B.1.17 UK strain), Jember (B.1.17 UK strain) dan Sampang, Madura (B.1.351 strain Afrika Selatan).

Usai pengarahan dari Presiden Joko Widodo tersebut, Bupati Hendy Siswanto pun langsung mengingatkan seluruh pihak untuk waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat. Tidak boleh lengah. 

Secara umum Jember kondisinya sudah membaik. Kini dari Zona Oranye, Jember sudah beralih ke Zona Kuning. Untuk itu, semua pihak harus tetap waspada. Protokol kesehatan 5 M harus diindahkan oleh semua untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungan yang lebih luas:

1. Mengenakan Masker

2. Mencuci Tangan dengan Sabun 

3. Menjaga Jarak

4. Menghindari Kerumunan

5. Membatasi Mobilitas dan Interaksi

Dengan kesadaran bersama menjaga protokol kesehatan, disertai doa memohon perlindungan dan pertolongan Allah, Tuhan Yang Maha Esa, maka Kabupaten Jember diharapkan bisa masuk ke Zona Hijau. (*) stmh/mel     Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X