Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Presiden Jokowi Harap Akhir 2022 Uji Coba Naik Kereta Cepat, Jakarta-Bandung 46 Menit Saja

Istana & Kementerian
19 May 2021
Presiden Jokowi Harap Akhir 2022 Uji Coba Naik Kereta Cepat, Jakarta-Bandung 46 Menit Saja

hariansuara.com, Bekasi - Apa kabar Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang lama dinanti-nanti? Setelah sempat terefokus mengatasi masalah pandemi COVID-19, perlahan tapi pasti semua kembali ke track.

Pun, perhatian mengalir ke pengerjaan konstruksi pembangunan kereta cepat mutakhir Jakarta-Bandung. Bila moda transportasi mutakhir ini selesai, maka Ibu Kota dua provinsi yang terentang sejauh 142,3 Km ini akan ditempuh hanya dalam 46 menit!  

Kabar tergres yang menggembirakan adalah seperti terinfo dari hasil kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Tunnel #1 Halim Kereta Cepat Jakarta-Bandng di Bekasi, Jawa Barat kemarin.  

“Proses pembangunan proyek moda transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 73 persen. Diharapkan, awal tahun depan bisa persiapan operasi. Akhir 2022 bisa diuji-coba, untuk kemudian kereta cepat Jakarta-Bandung ini bisa melangkah ke operasional,” papar Presiden Joko Widodo, saat kunjungan didampingi sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Tampak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Juga hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Duta Besar China untuk RI, serta pimpinan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang menggarap pembangunan proyek moda transportasi canggih ini.

Untuk kenyamanan penumpang, kereta cepat Jakarta-Bandung ini diintegrasikan dengan moda kereta cepat ringan LRT (Light Rapid Train) dan Moda Raya Terpadu (MRT) untuk melanjutkan perjalanan ke wilayah DKI Jakarta. Perjalanan pun akan lebih efisien dan kompetitif. 

Presiden Joko Widodo berharap SDM dari Indonesia dapat menyerap transfer teknologi selama penggarapan kereta cepat Jakarta-Bandung. Bila ke depan disetujui semua pihak, proyek konstruksi kereta cepat lanjut ke Surabaya, mereka bisa mengerjakan. 

Beberapa titik dikunjungi Presiden Joko Widodo, seperti Casting Yard #1 di Kelurahan Wangunharja, Cikarang Utara dan Tunnel #1 di Kelurahan Jaticempaka, Pondokgede. Terowongan ini dibuat dua lintasan kereta, panjangnya 1,8 kilometer dan melintas di bawah Tol Jakarta-Cikampek. (*) jane/jane          Foto: @jokowi/Agus Suparto, Tangkapan Layar BPMI Setpres

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X