Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Seputar Batik Bekasi Yang Perlu Anda Ketahui

Lifestyle
27 Dec 2018
Seputar Batik Bekasi Yang Perlu Anda Ketahui

hariansuara.com, Jakarta - Bicara soal Batik,  Batik Bekasi memang tak sementereng dengan nama besar seperti  Batik Solo atau pun Batik Pekalongan. Namun Batik Bekasi ini memiliki pola unik yang berasal dari keberagaman budaya dari Kota Patriot tersebut yang tentu tidak dimiliki oleh batik lainnya di Indonesia.

Barito Hakim Putra, Ketua Komunitas Batik Bekasi, bercerita banyak mengenai Batik Bekasi, berikut tiga hal seputar Batik Bekasi yang perlu Anda ketahui.

1. Batik Bekasi Punya 12 Pakem dan Terus Berkembang

Seperti halnya batik lainnya, Batik Bekasi kata Barito, memiliki ciri khas terdiri. Ciri khasnya itu terlihat dari 12 Pakem yang dimiliki Batik Bekasi. Untuk motif Batik Bekasi,  floranya seperti bambu, bunga Teratai, pohon kecapi. Dan faunanya ada gabus, burung mandar,  ikan betok, ikan sepat, lele dan lainnya. Dari budayanya seperti Blantek, alat musiknya seperti terompet.

"Untuk yang 12 motif batik Bekasi telah dipatenkan dan motif-motif dalam Batik Bekasi terus berkembang."katanya. 

2. Batik Bekasi Punya Warna cerah 

Batik Bekasi memiliki corak warna cerah. Warna cerah ini berkaitan dengan kota bekasi sebagai kota patriotik. Barito mengatakan dengan warna cerah diharapkan yang menggunakan Batik Bekasi akan semangat dan termotivasi. 

3. Kombas, Komunitas Batik Bekasi

Kombas bisa dibilang wadahnya pecinta Batik Bekasi. Disini, kata Barito, Batik Bekasi terus dilestarikan dan diperkenalkan ke masyarakat luas lewat pameran dan pelatihan.

Barito mengatakan Kombas terbentuk awal nya di tahun 2009. Mereka yang ada di komunitas itu berpikir apakah Bekasi punya batiknya atau tidak? untuk menjawabnya, Barito dan kawan-kawan pun lantas  melakukan riset dan mencari pengrajin batik yang ada di Bekasi. "Bisa dibilang Kombas lahir karena kepedulian kita terhadap batik, khususnya Batik Bekasi." kata Barito.

Batik Bekasi pun dikembangkan menuju usaha bersama, Kombas merangkul para pengrajin batik Kota Bekasi. Batik-batik yang ditampung dalam koperasinya merupakan batik hasil karya para pengrajin lokal Kota Bekasi.  Di Kombas sendiri ada batik cap dan tulis, printing yang semuanya akan dibuat tergantung dari konsumen. Diharapkan Batik Bekasi dapat terus eksis dan dilestarikan, tidak hanya oleh masyarakat Bekasi tetapi masyarakat luas.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X