Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Sidang Isbat Tetapkan Idul Fitri 1439 Hijriah Pada 15 Juni

Nasional
14 Jun 2018
Sidang Isbat Tetapkan Idul Fitri 1439 Hijriah Pada 15 Juni

hariansuara.com, Jakarta - Sidang Isbat menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018.

Hasil sidang Isbat disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama Jalan M.H. Thamrin No. 6 Jakarta, Kamis (14/06).

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Juraidi melaporkan hasil rukyat di sejumlah titik di Indonesia. Dalam laporannya, Juraidi menyampaikan bahwa hilal awal Syawal 1439H terlihat oleh 12 pemantau di beberapa lokasi rukyatul hilal (pemantauan bulan), antara lain di Sulawesi Utara,  Jawa Timur,  Yogyakarta,  dan DKI Jakarta.

"Sebagaimana dilaporkan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah,  sampai jelang sidang isbat dibuka, setidaknya kami telah menerima 12 kesaksian. Ada 12 pelaku rukyatul hilal, antara lain dari Gresik-Jatim,  Yogjakarta,  dan Jakarta,  seluruhnya menyatakan telah melihat hilal," terang Menag. 

"Dengan demikian,  seluruh peserta sidang isbat bersepakat dan sidang menetapkan bahwa 1 Syawal 1439H jatuh pada hari jumat 15 Juni 2018,” tegas Menag lagi.

Mulai besok, lanjut Menag, umat muslim di Tanah Air sudah tidak lagi berpuasa. Umat muslim akan menunaikan Salat Id secara bersama.

Menag menyampaikan rasa syukur karena tahun ini umat Muslim Indonesia bisa memasuki satu Syawal dalam kebersamaan. Dia mengajak semua pihak untuk terus menjaga dan memelihara kebersamaan sehingga energi positif dan potensi umat bisa dioptimalkan untuk kemaslahtan bersama. 

“Atas nama Menteri Agama, sata menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di Tanah Air di manapun berada,” tutur Menag.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X