Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Ada Semangat Kebhinekaan pada Hari Pemungutan Suara di Korea Selatan

Nasional
14 Apr 2019
Ada Semangat Kebhinekaan pada Hari Pemungutan Suara di Korea Selatan

hariansuara.com, Jakarta - Udara dingin yang mencapai 10 derajat Celcius dan hujan yang turun sejak pagi tidak membuat surut masyarakat Indonesia di Korea Selatan untuk menggunakan hak pilihnya.

Tampak kerumunan masyarakat sudah mulai memadati Tempat Pemungutan Suara sejak pagi pukul 07.30, Minggu, (14/4/2019). Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) serta Panwaslu pun sigap menjalankan tugasnya.

Pemilihan Umum di Korea Selatan dilaksanakan serentak di 13 TPS yang tersebar di kota Seoul, Ansan, Busan, Gimhae, Daegu dan Incheon. Kotak Suara Keliling pun dilaksanakan di dua Kota yaitu di Tongyeong dan Samcheonpo.

Sehari sebelumnya, PPLN Seoul juga telah mendatangi calon pemilih via Pos yang dirawat di rumah sakit karena surat suaranya “return to sender”, sehingga yang bersangkutan masih bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Semangat kebhinekaan dan Persatuan pun mewarnai tiga TPS yang ada di Seoul, tepatnya di area KBRI Seoul. Tampak para voluntir yang tergabung dalam Kelompok KPPSLN menggunakan berbagai busana daerah nusantara yang beraneka macam rupa.

Ada yang menggunakan Beskap, Lurik plus Bangkon Jawa, Kebaya Bali, Baju Bodo hingga Sorjan dengan segala aksesorinya. Tak jarang juga terlihat para pemilih yang mengenakan pakaian nasional Indonesia.

Selain untuk menarik perhatian dan mengedukasi masyarakat, penggunaan pakaian adat ini adalah untuk mencerminkan kebhinekaan Indonesia yang berbingkai satu falsafah negara yaitu Pancasila.(*)

(Foto: Hari pemungutan suara di Seoul / facebook @kbriseoulkorea)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X