Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Rizal Ramli: Skala Kecurangan Pilpres 2019 Luar Biasa

Nasional
15 May 2019
Rizal Ramli: Skala Kecurangan Pilpres 2019 Luar Biasa

hariansuara.com, Jakarta - Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan kecurangan Pemilu 2019 sangat luar biasa.

"Kali ini skala kecurangannya luar biasa. Sebelum pilpres, pada saat pilpres dan setelah pilpres. Yang paling signifikan adalah daftar pemilih palsu yang jumlahnya 16,5 juta," kata Rizal di acara simposium Badan Pemenangan Nasional (BPN) mengungkapkan fakta-fakta kecurangan pilpres di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (15/4/2019).

Dia menyebut, BPN telah melapor kecurangan kepada penyelenggara pemilu. "Ada puluhan ribu penduduk, nama sama, tanggal lahir sama, kota sama, itu jelas abal-abal. Ada banyak lagi data tidak pantas," tuturnya.

Rizal menambahkan, "Kalau KPU jujur, profesional, itu dia sisir. Kurangilah 3 juta, 5 juta. Saya yakin masyarakat Indonesia bersyukur. Tapi mereka tutup telinga, tutup mata, tetap mau ada 16,5 juta daftar pemilih abal-abal, Karena kalau misalnya dimasukkan 10 orang ke 800 ribu TPS, udah 8 juta. Ditambahin 20, jadi 16 juta, pasti menang."

Rizal juga menyinggung kesalahan input data yang dilakukan oleh KPU. 

“Dari TPS yang ada, 13,5% itu salah input. Itu besar sekali. Kok bisa salah input? Komputer ada namanya front end. Kalau salah masukkan otomatis ditolak. Ada juga namanya back end. Nah ini yang bisa diubah-ubah. Misal 01 dapat sekian, ditambahkan. Misal 02 dapat sekian, dikurangin," tuturnya.

"Jadi kejahatan paling besar ada di back end komputer. Padahal kalau profesional atau jujur, mereka izinkan, kita audit forensik," ujar tambahnya(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X