Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Dalam Membuat Kebijakan, Kades di Jember Diminta Terapkan Prinsip HAM

Nasional
20 Nov 2019
Dalam Membuat Kebijakan, Kades di Jember Diminta Terapkan Prinsip HAM

hariansuara.com, Jakarta  - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik meminta sebanyak 161 kepala desa yang sudah diberi pendidikan dan pelatihan tentang HAM dapat menerapkan pengarusutamaan prinsip HAM dalam membuat perencanaan dan kebijakan di desanya.

"Kami berharap mereka bisa menyusun regulasi di tingkat desa yang berbasis HAM dan pemahaman para kades tentang HAM semakin lebih baik dalam menyusun kebijakannya," katanya dalam kegiatan Festival HAM 2019 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, seperti dilansir Antara, Rabu, (20/11/2019).

Dalam kegiatan Festival HAM 2019, sebanyak 161 kepala desa yang baru saja terpilih dan dilantik tersebut diwisuda setelah mengikuti diklat HAM selama tiga hari dalam kerangka tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa di Kabupaten Jember pada awal November 2019.

"Komnas HAM juga akan mendorong para kades membentuk sebuah forum antara kepala desa di Jember dan kalau itu berhasil, maka Jember bisa menjadi percontohan bagi kabupaten/kota lain dan Komnas HAM akan mengembangkan ke kabupaten lain," tuturnya.

Ke depan, lanjut dia, Jember bisa menjadi inspirasi kabupaten/kota lain di Indonesia dan berbagi cerita pengalaman tentang penerapan kebijakan HAM di tingkat desa.

"Targetnya pengarusutamaan nilai-nilai prinsip HAM dapat diterapkan kepala desa dalam menyusun perencanaan dan pembangunan di desanya, sehingga desa ramah HAM dapat terwujud," katanya.

Ia mencontohkan banyak kepala desa yang menggunakan anggaran desa untuk membangun infrastruktur di desa, namun kadang kades mengabaikan akses untuk kalangan disabilitas dalam pembangunan tersebut, sehingga diharapkan perencanaan desa harus memperhatikan aspek HAM.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X