Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Alhamdulillah, Pelunasan Biaya Haji Tahap II Diperpanjang hingga 29 Mei

Nasional
22 May 2020
Alhamdulillah, Pelunasan Biaya Haji Tahap II Diperpanjang hingga 29 Mei

hariansuara.com, Jakarta - Kementerian Agama atau Kemenag memutuskan memperpanjang pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1441 H/2020 tahap II. Kebijakan ini diambil karena masih ada sisa kuota haji.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mengatakan sampai saat ini masih ada sisa kuota haji sebanyak 3.801 jemaah.

"Maka itu, pelunasan biaya haji tahap II ini kita perpanjang," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis dalam keterangan resminya yang dikutip pada Jumat, 22 Mei 2020.

Dia menjelaskan perpanjangan ini juga merujuk pelunasan Bipih 2020 tahap II yang jadwal sebenarnya dibuka dari 12-20 Mei 2020. Hingga hari terakhir, diketahui masih ada 11.537 jemaah yang belum melakukan pelunasan.

Namun, dari jumlah itu, ada 7.736 jemaah yang melunasi dengan status cadangan. Menyesuaikan kondisi itu maka sisa kuota hanya sebesar 3.801 orang.

"Perpanjangan berlangsung mulai 22 hingga 29 Mei 2020," ujarnya.

Muhajirin memaparkan setidaknya ada tiga kriteria jemaah haji reguler yang bisa melakukan pelunasan. Pertama, jemaah haji yang telah ditetapkan berhak melunasi pada tahap 1 dan 2, tapi belum melakukan pelunasan Bipih.

Untuk kriteria kedua yaitu jemaah haji pendamping lansia dan penggabungan mahram yang sudah ter-input ke dalam aplikasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Namun, kriteria ini belum diusulkan Kanwil Kemenag Provinsi.

Selanjutnya yang ketiga yakni jemaah haji yang teridentifikasi sudah berhaji kurang 10 tahun. Tapi, dari hasil verifikasi belum pernah menunaikan ibadah haji atau dari unsur pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

Meski demikian, perpanjangan ini juga dibuka untuk pelunasan Bipih Petugas Haji Daerah (PHD). Kata dia, sampai penutupan pada Rabu kemarin, 0 Mei 2020 masih ada 1.411 kuota PHD. (*)  umi/lia

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X