Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Hati-hati, Ini Risiko Tukar Uang Baru Sembarangan di Pinggir Jalan

Nasional
23 May 2020
Hati-hati, Ini Risiko Tukar Uang Baru Sembarangan di Pinggir Jalan

hariansuara.com, Jakarta - Masyarakat disarankan cermat dengan menukar uang baru di tempat resmi seperti bank. Maka itu, diimbau jangan menukarkan uangnya pada jasa penukaran uang baru yang ada di pinggir jalan.

Sehari jelang Idul Fitri masih marak penjual uang baru di sejumlah ruas titik Ibu Kota Jakarta. Kewaspadaan ini terkait potensi adanya uang palsu.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono mengatakan sebaiknya masyarakat menukar uang ke tempat resmi seperti bank. Selain lebih aman, keaslian uang pun dijamin.

"Imbauannya kepada masyarakat agar menukarkan uang di tempat penukaran yang resmi ya," ujar Argo di Jakarta, Sabtu 23 Mei 2020.

Menurutnya, masyarakat mesti mewaspadai terhadaop modus peredaran uang palsu. Kemungkinan pelaku bisa memanfaatkan di segala kesempatan.

Kata dia, masyarakat juga harus bisa cermat dalam mengecek keaslian uang.

Argo bilang, Polri akan bersikap tegas terhadap pelaku yang coba-coba mengedarkan uang palsu. Ada pasal-pasal pidana yang bisa digunakan untuk menjerat pelaku pengedaran uang palsu. 

"Kalau ditemukan ada yang menjual atau menukarkan uang dengan uang palsu bisa kita tindak tegas," kata eks Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

Jasa penjualan uang baru untuk amplop Lebaran Idul Fitri tahun ini masih ramai di pinggir jalan. Salah satunya area sepanjang Kalimalang, Jakarta-Bekasi dan Pondok Indah Jakarta Selatan masih ada jasa yang menawarkan uang receh. (*) ras/umi

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X