Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Pemprov DKI: Pemeriksaan SIKM Diterapkan Sampai Pandemi Corona Selesai

Nasional
29 May 2020
Pemprov DKI: Pemeriksaan SIKM Diterapkan Sampai Pandemi Corona Selesai

hariansuara.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI menegaskan syarat Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) wajib bagi yang ingin ke Ibu Kota Jakarta. Pemeriksaan SIKM ini akan diterapkan di daerah perbatasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo pemeriksaan SIKM sejauh ini masih akan terus dilakukan hingga 7 Juni 2020. Setelah itu, akan tetap diberlakukan pemeriksaan SIKM dengan lokasi yang ditarik mundur cukup di wilayah perbatasan DKI dengan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

"SIKM berlaku dan diterapkan sampai pandemi Corona selesai. Kalau ada berita yang menyebutkan SIKM tidak diperlukan setelah 7 Juni 2020 dan pemudik bisa masuk kembali ke DKI Jakarta setelah itu, adalah tak benar," kata Syafrin di BNPB dalam keterangannya secara virtual, Jumat, 29 Mei 2020.

Dia bilang SIKM ini penting sebagai penyaring warga dan menekan angka penularan Corona. Menurutnya, pemeriksaan SIKM terus diberlakukan hingga Corona tak lagi diterapkan sebagai bencana nasional dan sudah selesai.

Kata dia, syarat kepemilikan SIKM mengacu Pasal 7 Pergub Nomor 47 Tahun 2020. SIKM ini untuk pencegahan penularan Covid-19 dan memberikan kepastian hukum dalam pengendalian penduduk Jakarta, saat keluar kawasan Jabodetabek. Begitupun saat penduduk dari luar Jabodetabek masuk ke Jakarta.

Untuk pembuatan SIKM dapat diakses secara daring melalui situs web corona.jakarta.go.id/izin-keluar-masuk-Jakarta yang terintegrasi dengan sistem perizinan JakEvo milik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta (DPM PTSP).

Pun, dalam kebijakan ini DPM PTSP akan menerbitkan SIKM secara elektronik dalam bentuk QR-code. Tentunya, SIKM diberikan bila permohonan dan persyaratan yang diajukan sudah lengkap.

 

Persyaratan SIKM sebagai berikut :

1. Pengantar RT RW;

2. Surat keterangan sehat;

3. Surat keterangan bekerja di Jakarta (SIKM berulang);

4. Surat perjalanan dinas dari kantor;

5. Pas foto berwarna;

6. KTP yang sudah di-scan.

 

(*)zai/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X