Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jokowi: Pemerintah Daerah Tidak Perlu Paksakan Penerapan New Normal

Nasional
30 Jun 2020
Jokowi: Pemerintah Daerah Tidak Perlu Paksakan Penerapan New Normal

hariansuara.com, Jakarta - Keinginan pemerintahan Jokowi menerapkan fase tata kehidupan baru atau new normal untuk aktivittas masyarakat di tengah pandemi Corona tak berbanding lurus dengan kondisi. Faktanya, kasus Corona di Tanah Air terus melonjak.

Presiden Jokowi pun menyampaikan pesan agar kepala daerah tak memaksakan pemberlakuan new normal tanpa melalui tahapan yang benar.

"Pemerintah daerah tidak perlu memaksakan penerapan new normal tanpa melalui tahapan yang benar. Gunakan data sains dan saran para ilmuwan sebagai pertimbangan," tulis Jokowi di akun Twitter resminya, @jokowi yang dikutip hariansuara, Selasa, 30 Juni 2020.

Jokowi mengingatkan jika memang belum waktunya new normal maka tak perlu dipaksakan. Namun, jika memang diterapkan maka mesti ada evaluasi secara rutin.

"Kalau keadaannya naik, ya tutup lagi," ujar Jokowi.

Pun, ia bilang agar para kepala daerah saat ini segera mencairkan anggaran dari APBD. Tujuan utamanya agar peredaran uang di masyarakat makin besar.

Namun, ada tiga hal yang menjadi keinginan Jokowi dalam pencairan APBD ini yaitu anggaran yang berkaitan dengan kesehatan, belanja bantuan sosial, dan stimulus ekonomi terutama untuk usaha mikro dan usaha kecil.

Sebelumnya, kurva kasus Corona di Tanah Air terus bertambah per Selasa, 30 Juni 2020. Berdasarkan laporan Gugus Tugas penanganan Covid-19 pemerintah pusat, data yang masuk hingga Selasa pukul 12.00 WIB, ada 1.293 kasus baru dalam 24 jam terakhir. 

Dengan penambahan itu maka total sementara kumulatif ada 56.385 kasus di Indonesia.(*) ras/zai

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X