Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jokowi dan DPR Didesak Kompak Tarik RUU HIP dari Prolegnas

Nasional
10 Jul 2020
Jokowi dan DPR Didesak Kompak Tarik RUU HIP dari Prolegnas

hariansuara.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo dan DPR didesak untuk segera menghentikan pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). RUU ini diharapkan secepatnya ditarik dari daftar Program Legislasi Nasional atau Prolegnas prioritas 2020.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid mengatakan RUU HIP mesti dicopot dari prolegnas. Ia khawatir, isu RUU HIP hanya akan membuat gaduh politik di tengah pandemi Corona Covid-19.

HNW, sapaan akrabnya, ingatkan Indonesia saat ini sudah menjadi negara dengan korban tertinggi Covid-19 di Asia Tenggara. Bahkan, kata dia, Juru Bicara pemerintah khusus penanganan Covid-19 menyampaikan persentase kematian akibat Covid-19 adalah yang tertinggi se Dunia.

Menurutnya, ketimbang ribet dan gaduh karena RUU HIP lebih baik dicurahkan untuk penanganan Covid-19.

"RUU HIP telah hadirkan polemik dan demo di mana-mana yang membuat kegaduhan di masyarakat Indonesia yang lagi terkena darurat kesehatan akibat pandemi Covid-19," ujarnya.

Dia menyinggung sejumlah pasal dalam RUU ini kontroversi dan berpotensi mengaburkan ideologi Pancasila. RUU ini pun tak mendesak untuk saat ini.

"Serta mengaburkan sila Ketuhanan YME menjadi Ketuhanan saja, atau Ketuhanan yang berkebudayaan. Selain tidak diterimanya usulan FPKS dan beberapa fraksi lainnya untuk memasukkan TAP MPRS Nomor XXV/1966 ke dalam konsideran," jelas politikus senior PKS itu.

Kemudian, ia menekankan Fraksi PKS di DPR sudah mengkritisi agar RUU ini ditarik dari prolegnas prioritas 2020.

Meski demikian, ia mengapresiasi sikap fraksi di DPR lain yang setidaknya sudah mengubah susunan pimpinan Badan Legislasi atau Baleg. Perubahan susunan pimpinan Baleg DPR ini dinilai karena kontroversi RUU HIP.

“Ini langkah yang positif yang sinyalnya bisa ditangkap oleh masyarakat bahwa akan ada perubahan kebijakan terkait RUU HIP dengan tidak dilanjutkan lagi pembahasannya," tuturnya. (*) zai/lia  Foto: Demo Tolak RUU HIP (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X