Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Antipasi Petugas Pemilu Positif Covid-19, KPU: Jangan Ambil Risiko, Kami Ganti

Nasional
11 Jul 2020
Antipasi Petugas Pemilu Positif Covid-19, KPU: Jangan Ambil Risiko, Kami Ganti

hariansuara.com, Jakarta - Perhelatan hari pemungutan suara Pilkada 2020 akan digelar saat pandemi Corona Covid-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengantipasi kemungkinan petugas penyelenggara pemilu tertular virus mematikan asal China itu.

Ketua KPU, Arief Budiman, mengatakan jika ada petugas yang terjangkit Covid-19 akan segera diganti. Ia memahami kondisi riskan saat ini lantaran pandemi yang belum berakhir.

Arief bilang KPU juga tak mau ambil risiko dengan mempertahankan petugas yang terkena Covid-19.

"Kalau dia positif, kami tentu pasti ganti dengan penyelenggara lain. Intinya jangan ambil risiko karena saat ini kondisinya demikian," kata Arief dalam diskusi secara virtual yang digelar Perludem dan dikutip hariansuara pada Sabtu, 11 Juli 2020.

Dia menekankan jika ada petugas penyelenggara yang mesti jalani isolasi meski tak positif maka akan tetap diganti atau diberikan kepada yang lainnya. Menurut dia, proses isolasi 14 hari perlu waktu khusus dengan harapan negatif Covid-19.

"Kalau tak memungkinkan untuk beraktivitas ya kita ganti. Tapi, kalau masih bisa cukup diserahkan ke petugas lain yang bisa meng-handle," ujarnya.

Arief memahami dengan kodisi saat ini juga tak mudah mencari petugas penyelenggara pemilu. Namun, ia berharap petugas penyelenggara bisa sehat tanpa terjangkit Covid-19.

Pun, ia menambahkan di Pilkada 2020 nanti jumlah tempat pemungutan suara (TPS) akan bertambah dua kali lipat. Hal ini untuk mencegah kerumunan jumlah pemilih dalam satu TPS.

"Ya itu juga kan TPS ditambah untuk mencegah kemungkinan penularan Covid-19. Kita upayakan semua, karena nanti masih pandemi kan," tutur Arief.(*) ras/zai  Foto: Arief Budiman, Twitter KPU @KPU_ID

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X