Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jokowi Instruksikan Luhut Bantu Penanganan Corona di 9 Provinsi

Nasional
15 Sep 2020
Jokowi Instruksikan Luhut Bantu Penanganan Corona di 9 Provinsi

hariansuara.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemarintiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengakui dapat perintah dari Presiden Joko Widodo dalam penanganan corona Covid-19. Salah satunya terkait penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

Luhut tak menampik selain DKI, ada instruksi agar membantu penanganan di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara dan Papua. Dari data, Satuan Tugas penanganan COVID-19, sembilan provinsi itu punya kontribusi terbesar dalam angka penularan nasional.

Luhut pun mengatakan sudah mengundang kepala daerah dari sembilan provinsi tersebut dalam rapat koordinasi secara virtual. Selain itu, ada pimpinan TNI/Polri dari sembilan daerah tersebut.

Upaya ini sebagai gerak cepat dalam penanganan Corona yang makin tinggi angkanya.

“Instruksi Presiden yaitu dalam waktu dua minggu kita harus bisa mencapai tiga sasaran yaitu penurunan penambahan kasus harian, peningkatan recovery rate dan penurunan mortality rate,” kata Luhut dalam siaran pers Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Senin, 14 September 2020.

Luhut mengatakan kepala daerah yang hadir dalam pertemuan virtual tersebut yakni Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Kemudian, ada juga Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Luhut menjelaskan delapan provinsi lebih jadi prioritas pemerintah lantaran berkontribusi terhadap 75 persen dari total kasus. Namun, di luar delapan provinsi, memang ada Papua yang dalam dua pekan terakhir memperlihatkan kenaikan tinggi.

Dia menambahkan, untuk mencapai tiga sasaran pencegahan penularan Covid-19 di sembilan provinsi maka sudah disiapkan beberapa strategi. Ia menyebut strategi itu seperti operasi yustisi dan peningkatan manajemen perawatan pasien Corona.

"Kita harus melakukan operasi yustisi untuk menegakkan pelaksanaan protokol kesehatan karena kalau kita tidak tindak keras pelanggarnya maka mau PSBB sampai 10 kali juga kondisi tidak akan segera membaik,” jelas Luhut. (*) bib/lia        FOTO: Menko Luhut Binsar Panjaitan/ANTARA-Fikri Yusuf

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X