Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Kapolri Idham Azis Teken Aturan soal Pam Swakarsa, Apa Tujuannya

Nasional
15 Sep 2020
Kapolri Idham Azis Teken Aturan soal Pam Swakarsa, Apa Tujuannya

hariansuara.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa atau Pam Swakarsa. Perkap 4/2020 ini ternyata sudah diteken Idham per tanggal 5 Agustus 2020.

Dikutip dari peraturan tersebut pada Selasa, 15 September 2020, Pam Swakarsa dinilai sebagai suatu bentuk pengamanan oleh kepolisian yang diadakan atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Hal ini tertulis di Pasal 1 Ayat (1)).

Begitupun Pasal 2 huruf a yang mencamtumkan Peraturan Kepolisian untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan nyaman di lingkungan perusahaan, kawasan dan/atau permukiman.

Kemudian, Pasal 3 Ayat (1) bertulis Pam Swakarsa bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

Pun, Pam Swakarsa yang dimaksud pada Pasal 3 Ayat (1), terdiri atas satpam dan siskamling. Lalu, Ayat (3) menyebut terdapat Pam Swakarsa yang berasal dari pranata sosial/kearifan lokal.

Sementara itu, Pasal 3 Ayat (4) berbunyi Pam Swakarsa dari pranata sosial/kearifan lokal dapat berupa Pecalang di Bali, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Siswa Bhayangkara dan Mahasiswa Bhayangkara.

Terkait itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono menjelaskan sesuai Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengaman swakarsa untuk keamanan masyarakat.

Maka itu, nanti ada perubahan warna seragam Satpam. Dia pun merincikan lima jenis pakaian dinas satpam.

“Jadi, ada lima jenis pakaian dinas anggota Satpam disertai pangkatnya, yakni pakaian dinas harian (PDH), pakaian dinas lapangan khusus (PDL Sus), pakaian dinas lapangan satu (PDL Satu), pakaian sipil harian (PSH) dan pakaian sipil lengkap (PSL),” kata Awi, dalam keterangannya yang dikutip pada Selasa, 15 September 2020. (*) lia/umi          FOTO: Kapolri Idham Azis/Abriawan Abhe

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X