Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Pam Swakarsa Dihidupkan Lagi, DPR: Polri Tak Boleh Abai Pengawasannya

Nasional
17 Sep 2020
 Pam Swakarsa Dihidupkan Lagi, DPR: Polri Tak Boleh Abai Pengawasannya

hariansuara.com, Jakarta - Langkah Kapolri Idham Azis yang mengeluarkan aturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa (Pam Swakarsa) jadi sorotan. Dari legislatif DPR meminta Polri tak abai dalam pengawasannya.

Anggota DPR Fraksi Demokrat, Didik Mukrianto turut menyoroti kebijakan Idham Azis. Menurutnya, mesti cermat dalam kebijakan ini agar tak salah langkah ke depan. 

Menurutnya, pelibatan Satpam untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan secara swakarsa patut didukung. Namun, jangan mengabaikan pengawasan dan pengendaliannya.

"Dalam konteks ini yang tidak boleh diabaikan adalah pengawasan dan pengendaliannya harus dalam rentang kendali Kepolisian," ujar Didik, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 17 September 2020.

Dia menjelaskan aturan ini juga sampai mengurusi standarisasi khusus dengan kualifikasi yang terukur hingga pengaturan seragam satpam.

Didik masih optimis dengan aturan tersebut lantaran komprehensif hingga pengaturan sampai dengan seragam. Kata dia, hal ini tentu dengan mempertimbangkan segala aspek. 

"Untuk itu, harapan saya ke depannya, filosofi dan tujuan pengaturan seragam ini harus seiring dengan peningkatan kapasitas, kapabilitas serta kompetensi para anggota satpam," ujar Didik.

Dia menambahkan dalam kontrol nanti, Polri juga mesti bisa melakukan pengendalian secara terukur. Kata dia, penting pembentukan satpam dalam Pam Swakarsa ini sebagai mitra, sahabat Polri. (*) bib/zai             FOTO: Ilustrasi polisi-ANTARA-Umarul Faruq

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X