Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

KPU Diminta Melarang Konser saat Kampanye Pilkada 2020

Nasional
17 Sep 2020
KPU Diminta Melarang Konser saat Kampanye Pilkada 2020

hariansuara.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta punya aturan dalam melarang kontestan Pilkada 2020 yang menggelar konser saat massa berkampanye. Sebab, acara seperti konser musik akan membuat kerumunan dan melanggar protokol corona Covid-19.

Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, menyampaikan demikian karena khawatir banyak peserta yang bandel. Kata dia, KPU dan Bawaslu mesti punya aturan kuat dalam persoalan ini.

"Kalau itu saya harapkan karena KPU punya legitimasi kuat. Nanti Bawaslu yang memonitor. Sanksi harus tegas. Kalau perlu didiskualifikasi," ujar Guspardi, dalam keterangannya, Kamis, 17 September 2020.

Dia menambahkan di tengah kondisi saat ini maka konser musik harus dihindari. Ia juga mengimbau agar setiap kontestan taat aturan dan memprioritaskan kepentingan rakyat.

"Tolong ini harus diingatkan. Pendaftaran yang dilarang bawa massa saja mereka langgar. Bagaimana saat kampanye nanti, ya kan?" lanjut politikus PAN itu.

Menurut dia, KPU, Bawaslu, partai politik dan pasangan calon kepala daerah harus kompak mengutamakan kesehatan. Dengan demikian, perhelatan Pilkada 2020 tak jadi klaster penyebaran baru Covid-19.

KPU sebelumnya melalui I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menyampaikan pihaknya belum melarang para kandidat peserta Pilkada 2020 mengadakan konser selama masa kampanye. Kata dia, hal ini sudah diatur dalam pasal 63 ayat (1) PKPU Nomor 10 Tahun 2020.

"Bentuk-bentuk kampanye juga sudah diatur di situ, tentu KPU tidak bisa mengubah dan meniadakannya," ujar Dewa di Jakarta, Selasa, 16 September 2020. (*) zai/zai        Simulasi bilik suara PIlkada 2020/ANTARA-Muhammad Iqbal

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X