Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Mau Pakai Mobil Dinas Rp1,4 M, Firli Bahuri Cs Dinilai Tak Etis

Nasional
16 Oct 2020
Mau Pakai Mobil Dinas Rp1,4 M, Firli Bahuri Cs Dinilai Tak Etis

hariansuara.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jadi sorotan karena adanya anggaran miliaran rupiah untuk mobil dinas para pimpinan. Publik pun merespons dan Firli Bahuri Cs menuai kritikan.

Pengamat sosial politik Ray Rangkuti menilai isu mobil dinas pimpinan tak tepat di tengah kondisi pandemi. Pun, prestasi KPK dalam pengungkapan aksus juga meredup sejak UU KPK direvisi.

"Please lah KPK. Kurang etis itu. Jangan kontroversi terus yang diperlihatkan ke rakyat. Bagaimana itu kasus-kasus besar dan banyak koruptor yang dapat diskon dari MA," ujar Ray kepada awak media, Jumat, 16 Oktober 2020.

Ray heran dengan adanya isu mobil dinas pimpinan KPK yang anggarannya bisa tembus Rp5 miliar. Belum lagi untuk Dewan Pengawas KPK yang juga dikabarkan dapat. Meski Dewas KPK sudah menolak mobil tersebut.

"KPK itu dari pertama didirikan, para pimpinan harus jadi contoh para pegawainya. Kesederhanaan dan tidak korupsi harus jadi model pimpinan KPK," tuturnya.

Sementara, peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana mengkritisi agar Firli Bahuri cermat dalam memimpin lembaga anti rasuah. Kata dia, KPK sejak era Firli Bahuri belum memiliki prestasi yang terlihat.

"Pengungkapan kasus turun drastis. Beliau mestinya punya  program di tengah kondisi KPK begitu," ujar Kurnia.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pengawas KPK senada dengan Ketua Dewas KPK Tumpak Hotorangan Panggabean tak mengetahui usulan penganggaran mobil dinas pejabat KPK. 

"Seperti yang sudah disampaikan oleh ketua Dewas, Dewas tak pernah mengikuti pembahasan di internal KPK mengenai hal ini," ujar Albertina saat dikonfirmasi awak media, Jumat, 16 Oktober 2020.

Kemudian, Plt Jubir KPK Ali Fikri membenarkan soal adanya pengadaan mobil dinas untuk pimpinan KPK. Ia bilang selama ini pimpinan KPK dan pejabat struktural tidak memilikinya

Informasi yang diterima awak media, anggaran mobil dinas Ketua KPK dianggarkan sebesar Rp1,4 miliar. Lalu, empat Wakil Ketua KPK masing-masing Rp1 miliar. Jika dikalkulasikan bisa lebih dari Rp5 miliar. Itu pun belum termasuk dengan alokasi mobil dinas untuk Dewas KPK.(*) raz/zai               FOTO: Logo KPK/Twitter @KPK_RI

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X