Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Bambang Widjojanto Kritik Keras Firli Bahuri: Era Terburuk KPK

Nasional
17 Oct 2020
Bambang Widjojanto Kritik Keras Firli Bahuri: Era Terburuk KPK

hariansuara.com, Jakarta - Pengadaan mobil dinas dengan anggaran miliaran rupiah untuk pimpinan serta pejabat struktural KPK terus disorot. Kritikan bannyak tertuju kepada Firli Bahuri selaku Ketua KPK.

Mantan pimpinan KPK, Bambang Widjojanto, ikut bersuara atas polemik penganggaran mobil dinas tersebut. Dia bilang rencana tersebut tak urgent dan bukan sifat KPK.

Dia menekankan, sejak dibentuk, KPK identik dengan lembaga hukum yang menjunjung kesederhanaan.

"KPK sejak berdiri punya profil dengan brand image sebagai lembaga yang efisien, efektif, menjunjung tinggi integritas dan kesederhanaan. Mobil dengan kekuatan tinggi tidak efisien dan efektif, karena tidak berpengaruh langsung pada upaya percepatan dan peningkatan kualitas pemberantasan korupsi," kata BW, saapaan akrabnya, Jumat, 16 Oktober 2020.

Menurutnya, dengan kondisi sekarang memperlihatkan rezim KPK Firli Bahuri tengah mempertontonkan keburukannya. Kata dia, Firli cs sama sekali tak mencontohkan keteladanan. Dia menilai, tindakan tersebut sekaligus sesat paradigmatis. 

Dia pun mengingatkan KPK yang dibangun dengan single salary. Alasannya seluruh fasilitas sudah dijadikan bagian atau disatukan menjadi komponen gaji.

"Seharusnya tidak boleh ada pemberian lagi fasilitas kendaraan. Karena akan redundant," ujarnya.

Kemudian, ia menekankan, pemberian mobil dinas bagi pejabat, pimpinan hingga Dewas KPK juga melanggar etik. Ia mengatakan demikian karena harus 2 kali memberikan gaji.

"Dengan menerima pemberian mobil dinas, maka pimpinan KPK telah melakukan perbuatan tercela yang melanggar etik dan perilaku. Tolong jaga citra KPK. Banyak yang anggap ini era terburuk KPK," kata BW.

Seperti diketahui, KPK kembali jadi sorotan di era pimpinan Firli Bahuri. Sorotan kali ini terkait kehebohan anggaran mobil dinas miliaran rupiah.

Untuk Firli disebut anggaran mobil senilai Rp1,4 miliar. Pun, empat wakil ketua KPK lainnya yang diproyeksikan masing-masing Rp1 miliar. Anggaran ini belum termasuk untuk dewan pengawas dan pejabat struktural KPK lainnya. (*) ras/zai         FOTO: Ketua KPK Firli Bahuri/ANTARA-Puspa Perwitasari

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X