Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Satgas Covid-19: 85 Persen Angka Kematian Terjadi pada Kelompok Rentan

Nasional
17 Oct 2020
Satgas Covid-19: 85 Persen Angka Kematian Terjadi pada Kelompok Rentan

hariansuara.com, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memperingatkan kembali bahaya virus asal China tersebut terhadap masyarakat kelompok rentan. Sekitar 85 persen angka kematian di Tanah Air karena Covid-19 berasal dari kelompok rentan.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan kelompok rentan ini terjadi pada lansia dan yang memiliki riwayat penyakit bawaan. 

"Kami ingatkan sekali lagi bahaya virus ini ke kelompok rentan. Jaga kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Ada 80-85 persen angka kematian itu berasal dari kelompok rentan," ujar Doni, dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Doni menambahkan penting untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kediaman tempat tinggal, terutama di rumah sendiri. Sebab, dari data yang diperolehnya, banyak pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, ternyata tertular di dalam rumah.

Dia menduga ada anggota keluarga yang sudah tertular ketika beraktivitas di luar rumah seperti kantor atau perjalanan menuju rumah naik moda transportasi massa.

"Kita harus paham, lawan ini virus dengan protokol kesehatan. Angka sembuh terus naik. Kita pasti bisa," ujar Doni.

Kemudian, ia mengimbau agar para lansia bisa beraktivitas secara bijak. Tak perlu menghadiri kerumunan massa yang berpotensi jadi klaster penularan.

"Kalangan lansia beda dari usia muda. Kalau usia muda masih memiliki imun kuat dan melawan," kata Doni.

Untuk diketahui, data terbaru kasus positif Corona Covid-19 nasional hingga per Jumat, 16 Oktober 2020 sudah menembus 353.461. Dari angka itu, 12.347 orang sudah meninggal. (*)  zai/lia           FOTO: Petugas medis cek swab/ANTARA

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X