Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Ada Demo Tolak Omnibus Law Lagi, Begini Rekayasa Lalin Sekitar Istana Negara

Nasional
22 Oct 2020
Ada Demo Tolak Omnibus Law Lagi, Begini Rekayasa Lalin Sekitar Istana Negara

hariansuara.com, Jakarta - Elemen masyarakat seperti serikat pekerja buruh rencananya pada hari ini, Kamis, 22 September 2020 akan kembali melanjutkan demo menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker). Polisi pun sudah menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah menyampaikan kesiapan rencana pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitar Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat.

Untuk diketahui, aksi unjuk rasa dilakukan Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI). Tuntutan utama mereka menolak UU Ciptaker. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo membenarkan kalau rekayasa arus lalin di sekitar kawasan Istana Negara kembali disiapkan.

"Kami kembali menyiapkan rencana rekayasa lalin di kawasan Istana hari ini. Hindari kawasan Istana Merdeka dan Jalan MH Thamrin," kata Sambodo kepada wartawan, Kamis 22 Oktober 2020.

Meski demikian, Sambodo menjelaskan rencana rekayasa lalin ini sifatnya situasional. Dengan kondisi itu menurutnya bisa dilakukan jika kondisi mendesak.

Untuk mendukung akses lalu lintas, sejumlah ruas jalan juga sudah ditutup mulai Rabu malam, pukul 22.00 WIB. Tujuannya dengan rekayasa ini agar masyarakat dan pengendara lain tak ikut demo dan bisa leluasa menjalankan aktivitas mereka masing-masing.

Pun, untuk menunjang rekayasa ini, sekitar 500 aparat akan dikerahkan.

"500 petugas akan ada di lapangan untuk bantu lalu lintas," tutur Sambodo.

Sebagai perhatian, berikut pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitar Istana Negara:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin. Dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan. Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis. Dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.(*) umi/umi        FOTO: Aksi demo tolak Omnibus Law/ANTARA 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X