Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Bawaslu Rekomendasi Diskualifikasi 6 Calon Petahana Pilkada 2020

Nasional
26 Oct 2020
Bawaslu Rekomendasi Diskualifikasi 6 Calon Petahana Pilkada 2020

hariansuara.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu melaporkan ada 6 calon kepala daerah petahana yang direkomendasikan untuk didiskualifikasi. Rekomendasi Bawaslu ini sudah disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Kementerian Dalam Negeri.

Ketua Bawaslu, Abhan Misbah menjelaskan adanya rekomendasi karena adanya dugaan penyalahgunaan anggaran APBD untuk kepentingan kampanye. Dugaan pelanggaran ini masuk kategori berat yang memang disanksi diskualifikasi sesuai aturan UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2016.

"Itu sudah kami sampaikan beberapa hari lalu. Nah, tembusan rekomendasi sudah kami berikan juga ke Kemendagri bahwa para petahana itu diduga melanggar aturan dengan pakai anggaran untuk kampanye," kata Abhan, dalam keterangannya, Minggu malam, 25 Oktober 2020.

Abhan menambahkan dalam UU Pilkada yang mengatur diskualifikasi tertuang dalam Pasal 71 ayat 3. Aturan diskualifikasi itu tertulis karena pelanggaran menggunakan APBD dan dana bantuan sosial.

Berikut isi bunyi pasal ayat 3 terkait pembatalan atau diskualifikasi calon petahana. 

"Dalam hal gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati dan walikota atau wakil walikota selaku petahana melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat  (3), petahana tersebut dikenakan sanksi pembatalan sebagai calon oleh KPU Provinsi atau kabupaten/kota."

"Ada 6 calon yang kami rekomendasikan untuk diskualifikasi karena selama kegiatan kampanye ini diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan APBD untuk kepentingan kampanye," ujar Abhan.

Selain itu, bukan karena penggunaan APBD, tapi ada juga calon kepala daerah yang direkomendasi didiskualifikasi, Cakada itu melanggar Pasal 71 ayat 2 UU Pilkada tentang larangan mutasi jabatan 6 bulan sebelum penetapan calon tanpa izin. 

Abhan pun menyebut nama daerah yang calon kepala daerahnya direkomendasikan didiskualifikasi.

Berikut ini daftar kepala daerah yang direkomendasikan untuk diskualifikasi:

1. Pegunungan Bintang, Papua

2. Ogan Ilir, Sumsel

3. Halmahera Utara, Malut

4. Kabupaten Gorontalo

5. Kabupaten Kaur, Bengkulu

6. Kabupaten Banggai, Sulteng

(*) ras/zai    FOTO: Ketua Bawaslu Abhan (Tengah)/Dokumen Bawaslu

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X