Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Kriteria Kapolri Pengganti Idham Azis Versi Susno Duadji: Masa Bakti Masih Lama

Nasional
20 Nov 2020
Kriteria Kapolri Pengganti Idham Azis Versi Susno Duadji: Masa Bakti Masih Lama

hariansuara.com, Jakarta - Bursa kapolri pengganti Jendral Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada Januari 2021 terus bermunculan. Sejumlah nama muncul mulai dari perwira tinggi bintang dua sampai bintang tiga.

Mantan Kabareskrim, Komjen (purn) Susno Duadji, mengatakan kandidat yang masuk bursa kapolri mesti punya latar belakang mumpuni karena sebagai pucuk pimpinan lembaga penegak hukum pengayom masyarakat.

Menurut dia, pengganti Idham tak hanya unggul elektabilitas tapi juga punya visi mendukung pemerintahan Jokowi-Maruf Amin. Salah satu yang ia harapkan adalah figur dengan yang masih punya masa bakti lama.

"Saya Berharap kita semua tidak terjebak dalam dimensi kedekatan secara emosional atau elektabilitas, tetapi lebih pada kinerja dan pengalaman serta masa bakti yang masih lama sehingga mampu meneruskan kebijakan dan pekerjaan dari kapolri sebelumnya," kata Susno, dalam keterangannya, Jumat, 20 November 2020.

Susno memiliki catatan kriteria terhadap figur yang layak memimpin komando Tribrata. Ia menyinggung figur calon kapolri setidaknya masih punya masa bakti minimal tiga tahun. 

"Jadi, bukan yang masuk masa pensiun terdekat. Dengan demikian, bisa melanjutkan program kepemimpinan dengan baik dari kapolri sebelumnya," tutur Susno.

Menurut dia, untuk menjaga struktur kepemimpinan yang kuat maka perwira tinggi yang lebih senior diharapkan yang dipilih Presiden Jokowi. Dengan kesenioran tersebut diharapkan bisa diterima oleh semua elemen di tubuh Polri.

Susno menambahkan catatan penting lainnya yaitu figur kapolri mesti punya hubungan baik dengan lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Kemudian, kritea terakhir kandidat pucuk pimpinan Polri mesti punya pengalaman karir panjang pernah memimpin di daerah.

"Seperti pernah menjadi kapolres, kapolwil, kapolda sehingga tahu cara memimpin kepolisian tingkat tertinggi hingga terbawah," ujar Susno.(*) ras/zai         FOTO: Kapolri Idham Azis/Biro Pers Setpres

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X