Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Pencoblosan Makin Dekat, Bawaslu: Waspadai Politik Uang Via Silent Operation

Nasional
20 Nov 2020
Pencoblosan Makin Dekat, Bawaslu: Waspadai Politik Uang Via Silent Operation

hariansuara.com, Jakarta - Dua pekan jelang pencoblosan Pilkada 2020, Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu minta jajarannya lebih mawas terhadap potensi pelanggaran. Salah satu yang dimonitor adalah silent operation politik uang yang dilakukan tim sukses pasangan calon.

Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, dari pengalaman pemilu sebelumnya memang pelanggaran cenderung terjadi jelang pencoblosan. Menurutnya, cara senyap biasa dilakukan agar tak terpantau pihak penyelenggara pemilu.

"Pengawas juga harus mampu mendeteksi titik-titik rawan potensi pelanggaran termasuk politik uang yang terkadang dilakukan melalui silent operation atau cara senyap. Ini yang harus diwaspadai," kata Dewi dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 November 2020.

Dewi menambahkan jajaran Bawaslu mesti bisa membantu rakyat agar hak konstitusionalnya bisa digunakan sesuai hati nuraninya. Ia menekankan demikian, karena politik uang tak mendidik rakyat.

Selain itu, dengan politik uang memperlihatkan pasangan calon hanya mengandalkan kemampuan logistik. Bukan dengan visi misi yang membuat masyarakat tertarik memilihnya.

"Jangan sampai politik uang ini jadi kebiasaan buruk. Para paslon harus tunjukkan sikap rasional politik yag cerdas," ujar Dewi.

Pun, menurutnya, masyarakat pemilih juga jangan sampai salah memilih figur pemimpin di daerahnya. Sebab, hal ini akan menentukan nasib daerah untuk lima tahun ke depan.

Menurutnya, bila ada paslon yang menawarkan uang maka sebaiknya masyarakat melapor ke Panwaslu. Ia bilang jangan pilih paslon yang hanya menawarkan uang agar dicoblos.

"Jangan sampai salah pilih. Pilih dengan keyakinan dan sesuai hati nurani, tanpa paksaan," sebut Dewi.(*) roh/zai        FOTO: Simulasi pilkada 2020/Twitter KPU.

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X