Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Mendikbud Nadiem Izinkan Sekolah Tatap Muka Mulai Januari 2021

Nasional
20 Nov 2020
Mendikbud Nadiem Izinkan Sekolah Tatap Muka Mulai Januari 2021

hariansuara.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengizinkan pembukaan sekolah atau belajar tatap muka mulai Januari 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan kebijakan ini sebagai penyesuaian kebijakan terhadap kewenangan pemerintah daerah.

"Peta zonasi risiko tidak lagi menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka. Tapi Pemda menentukan, sehingga bisa memilih daerah-daerah dengan cara yang lebih detail," kata Nadiem secara virtual, Jumat 20 November 2020.

Nadiem memahami keluhan orangtua terkait keefektifan pembebelajaran jarak jauh atau PJJ selama pandemi. Dampak negatif PJJ diakuinya dirasakan siswa dan orangtua.

Ia menambahkan pihaknya juga sudah mengevaluasi hasil Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri sebelumnya. 

Kebijakan tersebut berlaku untuk semester genap, tahun ajaran 2020/2021. Nadiem meminta sekolah yang ingin menerapkan belajar tatap muka untuk mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

"Daerah dan sekolah, kalau siap tatap muka, ingin tatap muka, segera tingkatkan kesiapan untuk melaksanakan ini," ujar Nadiem.

Nadiem menjelaskan, pemberian izin belajar tatap muka ini bisa saja dilakukan secara serentak atau bertahap. Hal itu kembali tergantung kepada kesiapan masing-masing daerah.

"Mulai Januari 2021, ada tiga pihak yang menentukan apakah sekolah itu boleh dibuka atau tidak. Yang pertama adalah pemdanya sendiri, pemda atau dalam situasi yang lain kanwil," jelas Nadiem.

Pun, ia mengingatkan agar setiap sekolah tentu tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

"Tentunya kesiapan sekolah masing-masing dalam memenuhi semua checklist untuk melakukan tatap muka dan juga melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat," ujarnya.

Meski demikian, Nadiem mengatakan orang tua muridmasih punya kewenangan menentukan anaknya perlu datang ke sekolah atau tidak. Ia menyampaikan jika ortu yang keberatan tatap muka maka diizinkan untuk melanjutkan pembelajaran dari rumah secara penuh.

"Bagi orang tua yang tidak setuju anaknya lakukan pembelajaran tatap muka, peserta didik dapat melanjutkan pembelajaran dari rumah secara penuh," kata Nadiem. (*) ras/zai  FOTO: Mendikbud Nadiem Makarim/IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X