Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Di KTT APEC, Jokowi Ungkit Kesepakatan Bogor Goals

Nasional
21 Nov 2020
Di KTT APEC, Jokowi Ungkit Kesepakatan Bogor Goals

hariansuara.com, Bogor - Presiden Jokowi kembali menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) yang dilakukan secara virtual pada Jumat malam, 20 November 2020. Jokowi mengikuti KTT APEC dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

Jokowi menyinggung perlunya kekompakan dari negara anggota APEC di tengah pandemi COVID-19. Ia menyebut soal istilah 'Bogor Goals'.

Istilah tersebut pernah mencuat saat RI dipimpin Soeharto yang kemudian para pemimpin APEC ketika itu bertemu di Kota Bogor pada 1994. Ada kesepakatan para pemimpin APEC saat itu tentang perdagangan dengan sistem pasar terbuka.

"Saat ini saya berada di Bogor, tempat kelahiran Bogor Goals 26 tahun yang lalu. Saya kembali membaca Bogor Goals dan menemukan berbagai terobosan besar yang masih sangat relevan,” ujar Presiden saat berpidato dalam KTT APEC tahun 2020 melalui konferensi video yang dikutip hariansuara dari Youtube Sekretariat Presiden,  Sabtu, 21 November 2020.

Jokowi menyampaikan, Bogor Goals membahas adanya perbedaan kondisi antara ekonomi maju dan berkembang. Ia bilang perlu membangkitkan kembali spirit saling membantu, bekerja sama untuk mencapai tatanan ekonomi yang menguntungkan semua. 

"Kini saatnya kita membangun kembali komitmen sekuat 1994 untuk merajut visi kita pasca-2020,” kata Jokowi.

Kemudian, ia tak menampik bila kondisi ekonomi anggota APEC saat ini menghadapi masa sulit. Produk Domestik Brutob (PDB) APEC mengalami kontraksi hingga 2,7 persen, diikuti 74 juta penduduk ekonominya kehilangan pekerjaan.

Jokowi menyerukan perlunya solusi agar bersama-sama keluar dari masa sulit ini. "Pertama, merajut kembali strategic trust," ujar Jokowi.

Eks Wali Kota Solo itu menyarankan agar anggota ekonpmi APEC me-reaktiviasi pertumbuhan ekonomi. Tujuannya, agar tahun depan terjadi pertumbuhan positif.

"Upaya kita harus dimulai dari sekarang. Perjalanan bisnis esensial harus didorong termasuk dengan optimalisasi APEC Business Travel Card," jelas Jokowi.(*) stm/stm   FOTO: Presiden Jokowi/Twitter @jokowi

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X