Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Nadiem Resmi Buka Seleksi Guru Honorer Jadi ASN, Begini Syaratnya

Nasional
24 Nov 2020
Nadiem Resmi Buka Seleksi Guru Honorer Jadi ASN, Begini Syaratnya

hariansuara.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Anwar Makarim resmi sudah memberlakukan kebijakan pendaftaran bagi guru honorer yang mau jadi aparatur sipil negara atau ASN. Selain guru honorer, kebijakan ini juga berlaku untuk tenaga pengajar non Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Nadiem menyampaikan kebijakan ini sebagai cara pemerintah untuk mendongkrak kesejahteraan seluruh tenaga pengajar terutama yang masih honorer. Ia tak menampik adanya perbedaan kesejahteraan antara guru honorer dengan tenaga pendidik ASN. 

"Yang perlu kita ketahui karena masih banyak sekali guru-guru honorer yang memiliki kompetensi sangat baik namun kesejahteraannya belum terjamin dengan baik," kata Nadiem, dalam keterangannya yang dikutip dari akun YouTube, Selasa, 24 November 2020. 

Dia menekankan tenaga pendidik yang bisa ikut seleksi massal ini yaitu syaratnya guru honorer di sekolah negeri dan swasta. Namun, para tenaga pendidik itu mesti terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Selain itu, syarat lainnya mereka juga harus lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Keduanya diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi ini," ujar Nadiem.

Kemudian, ia menekankan guru honorer yang lolos seleksi akan diangkat melalui mekanisme Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Selanjutnya, ia bilang pemerintah pusat juga menyiapkan penganggaran untuk gaji dan sebagainya.

Menurut dia, dalam seleksi ini, para peserta nanti dalam kesempatan hingga tiga kali. Untuk memberikan kemudahan, Kemendikbud juga menyiapkan materi pembelajaran secara online.

"Daerah tidak perlu khawatir mengajukan kebutuhan formasi karena biaya telah tersedia," kata eks bos Gojek tersebut.(*) ras/zai     FOTO: Mendikbud Nadiem Makarim/IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X