Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Mahfud MD: Indonesia Perlu Demokrasi karena Masyarakatnya Plural

Nasional
25 Nov 2020
Mahfud MD: Indonesia Perlu Demokrasi karena Masyarakatnya Plural

hariansuara.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD meluncurkan buku Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2019. Mahfud menyampaikan kondisi indeks demokrasi di Tanah Air.

Menurut dia, kinerja demokrasi Indonesia dalam buku IDI 2019, menunjukkan capaian sebesar 74,92 atau mengalami kenaikan sebesar 2,53 poin. Angka ini ada peningkatan dibandingkan dengan capaian IDI 2018 sebesar 72,39. Skor demikian menjadikan posisi Indonesia dalam kategori sedang atau l yaitu skor berkisar 60-80.

Dengan demikian, ia menyebut masyarakat Indonesia saat ini masih hidup dalam iklim kebebasan berkeyakinan dan kebebasan dari diskriminasi yang baik. Namun, ia tak menampik masih ada hambatan dan insiden-insiden tindak kekerasan.

Mahfud pun mengutip pendapat Clifford Geertz, terkait demokrasi yang sering menghadapkan dua hal tetapi bertentangan. 

"Ya Indonesia sebagai contoh perlu demokrasi karena masyarakatnya kan majemuk, plural begitu banyak. Maka itu, aspirasi harus dikontestasikan ke demokrasi. Tapi di saat yang sama, Indoensia itu menghendaki integrasi, integrasi itu keutuhan agar tidak pecah," kata Mahfud.

Kemudian, ia menekankan negara demokrasi adalah menuntut kebebasan dan berkumpul yang diatur dalam UU. Dari aspek integrasi diperlukan menuntut pemaksaan agar orang tetap bersatu.

"Pemerintah itu mesti punya aturan untuk membuat seimbang. Bagaimana demokrasi ini bisa tumbuh dengan baik, tapi negara ini juga terjaga dengan baik. Di situlah perlu kearifan kita bersama untuk selalu mendewasan diri," ujar Mahfud. (*) ras/zai     FOTO: Mahfud MD/IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X