Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Menteri Nadiem: Orang Tua Jadi Kunci Sekolah Tatap Muka

Nasional
27 Nov 2020
Menteri Nadiem: Orang Tua Jadi Kunci Sekolah Tatap Muka

hariansuara.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan keputusan pembukaan sekolah tatap muka mesti disepakati pemerintah daerah, kepala sekolah dan Komite Sekolah. Dia menekankan demikian merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun akademik 2020/2021.

Nadiem mengatakan dalam sekolah tatap muka yang pegang kunci adalah orangtua.

"Komite Sekolah itu perwakilan orang tua dalam sekolah. Jadi, kuncinya ada di orang tua. Di mana kalau komite sekolah tidak membolehkan sekolah buka, sekolah itu tidak diperkenankan untuk buka," ujar Nadiem dikutip dari akun Youtube, Jumat, 27 November 2020.

Dia menjelaskan dalam aturannya pembukaan sekolah dimulai dari pengajuan dari pemerintah daerah. Artinya, Pemerintah daerah nanti dari kecamatan atau desa yang menilai wilayah yang aman.

Pun, ia mengingatkan sekali lagi peran orang tua yang pegang peranan. Jika orangtua khawatir dan tak mau maka sekolah tak bisa memaksa. 

Dengan kondisi itu, maka sekolah mesti melanjutkan sistem pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

"Ya itu makanya sekali lagi orangtua itu penting untuk punya saran," ujarnya.

Menurutnya, izin sekolah tatap muka mulai Januari 2021 bukan berarti pandemi sudah berakhir. Ia bilang semua pihak harus paham pandemi masih ada dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tapi, nanti dalam praktiknya saat sekolah tatap muka harus dipraktikkan dalam dua shift.

"Semua protokol wajib dipatuhi. Masker kesiapan hand sanitizer harus disiapkan," ujar Nadiem.(*) ras/umi     FOTO: Nadiem Makariem/IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X