Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Tol Trans Sumatera Siap Dilewati Saat Liburan Natal-Tahun Baru

Nasional
27 Nov 2020
Tol Trans Sumatera Siap Dilewati Saat Liburan Natal-Tahun Baru

 

hariansuara.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan ada 648 km ruas tol di Sumatera yang disiap dilewati saat liburan Natal dan Tahun Baru. Ada beberapa koridor utama dalam jalur tol ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol Trans Sumatera (JTTS) punya koridor utama sepanjang 2.069 km. Lalu, koridor pendukung atau sirip sepanjang 919 km. Dengan demikian, total panjang dari Lampung hingga Aceh 2.987 Km.

"Siap dilewatin itu ada 648 km. Itu kondisi mantap dan sudah beroperasional," ujar Basuki, dalam keterangan resminya, Jumat, 27 November 2020.

Dia menjelaskan untuk pembangunan ruas utama, PT. Hutama Karya (HK) dipercaya pemerintah dalam pembangunan sepanjang 2.829 km dengan nilai investasi Rp530,8 triliun.

Pun, hingga 25 November 2020 tercatat sudah beroperasi 9 ruas jalan tol sepanjang 648 km. Hal ini termasuk ruas kelolaan PT Jasa Marga dan PT Waskita Toll Road. Lalu, 643 km masih dalam tahap konstruksi dan sisanya dalam tahap persiapan.

Terkait sembilan ruas JTTS, ia merincikan seperti ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140,4 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 189,4 km. Kemudian, Kayu Agung-Palembang-Betung atau Kayu Agung-Jakabaring 29,3 km. 

Selanjutnya, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 62,1 km, Belawan-Medan-Tanjung Morawa 42,7 km, Palembang- Indralaya 21,5 km, Pekanbaru-Dumai: 131,6 km, Medan – Binjai 13 km, dan Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Indrapura – Blang Bintang 13,5 km.

Basuki mengatakan sebagai persiapan libur Natal dan Tahun Baru, akses JTTS sudah dilengkapi beberapa sarana. Salah satunya, tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 41, terdiri dari 25 TIP A, 8 TIP B, dan 8 TIP C yaitu 12 TIP di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar.

Kemudian, 9 TIP di Ruas Terbanggi-Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, 2 TIP di Ruas Medan-Kualanamu- Tebing Tinggi, 4 TIP di Ruas Palembang-Indralaya, 4 TIP di Ruas Medan-Binjai, dan 10 TIP di Ruas Pekanbaru – Dumai.

"Kelengkapan lain yang disiapkan di setiap ruas JTTS yakni, mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kepadatan lalu lintas tinggi," jelas Basuki.(*) roh/stm    FOTO: Tol Trans Sumatera/IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X