Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Eks Ketua MK Prihatin 70 Calon Kepala Daerah Terpapar Corona, 4 Meninggal

Nasional
28 Nov 2020
Eks Ketua MK Prihatin 70 Calon Kepala Daerah Terpapar Corona, 4 Meninggal

hariansuara.com, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva, prihatin dengan 70 orang calon kepala daerah yang akan bersaing di Pilkada 2020 terinfeksi Corona Covid-19. Apalagi, empat di antaranya meninggal dunia.

"Prihatin, 70 orang calon kepala daerah terinfeksi Covid-19, 4 orang di antaranya meninggal dunia," kata Hamdan dalam akun Twitternya, @hamdanzoelva yang dikutip hariansuara pada Sabtu 28 November 2020.

Menurut dia, penyelenggara pemilu termasuk Ketua KPU Arief Budiman juga sempat terinfeksi meski sudah sembuh. Kata dia, sudah 99 orang petugas KPU terpapar virus berbahaya tersebut.

Hamdan meminta kedepannya agar lebih tegas dalam melaksanakan protokol kesehatan. 

"100 orang penyelenggara termasuk Ketua KPU RI terinfeksi. Betapa besar pengorbanan untuk demokrasi. Perketat protokol kesehatan. Semoga wabah ini cepat berlalu," tambah Hamdan

Untuk diketahui, DPR dan Pemerintah Pusat sepakat memutuskan Pilkada 2020 tetap dilanjutkan meski di tengah pandemi Covid-19. Tahapan pemungutan suara atau pencoblosan akan di gelar pada Rabu, 9 Desember 2020.

Di Pilkada 2020, ada 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Terkait itu, Presiden Jokowi sudah menetapkan hari pencoblosan tersebut sebagai hari libur nasional. Salah satu alasan pemerintah menetapkan libur nasional berikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga negara menggunakan hak pilihnya.

Hal terebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2020 terkait Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 sebagai Hari Libur Nasional.(*)  lia/stm    FOTO: Simulasi Pilkada 2020/Twitter KPU

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X