Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Berminat Jadi PNS, Ini Formasi yang Banyak Dibutuhkan di Jember, Jawa Timur

Nasional
16 May 2021
Berminat Jadi PNS, Ini Formasi yang Banyak Dibutuhkan di Jember, Jawa Timur

hariansuara.com, Jember - Kabar gembira, pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2021 sebentar lagi. Pengumuman seleksi CPNS berlangsung pada 20 Mei-13 Juni 2021. Pendaftaran Seleksi sendiri pada 31 Mei-21 Juni 2021. Adapun Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasilnya pada 1-30 Juni 2021. Masa sanggah mulai 1-11 Juli 2021.

Untuk tahun 2021, seperti dilansir dari Kompas.com (Link Pendaftaran CPNS 2021 dan Formasi yang Paling Banyak Dibutuhkan), total ASN yang dibutuhkan sebanyak 1.275.387 orang. Mereka akan ditempatkan di instansi Pemerintah Pusat 83.669 orang, sedangkan 1.191.718 orang lagi mengisi instansi di daerah.

Seperti diharapkan Presiden Joko Widodo, kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, seleksi ASN 2021 ini difokuskan untuk mengisi kebutuhan tenaga teknis. Artinya, menghadirkan tenaga siap terjun ke masyarakat. 

Ada dua perekrutan ASN, yaitu melalui seleksi CPNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Informasi yang ada, jadwal seleksi tidak dilakukan serentak.

“Tujuan seleksi PPPK untuk mendapatkan tenaga profesional dan siap pakai,” jelas Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Katmoko Ari Sambodo saat Rapat Persiapan Pengadaan CASN Tahun 2021 secara virtual pada Kamis (06/05/2021) yang dihadiri perwakilan pemerintah daerah.

Diharapkan, begitu lulus tes seleksi PPPK, mereka dapat tanda tangan kontrak, dan pada hari itu juga siap untuk langsung bekerja.

Bagaimana rincian jadwal persiapan pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021? Simak:

Jadwal ujian CPNS 2021:

* Juli-September 2021: Pelaksanaan SKD CPNS (Seleksi Kompetensi Dasar CPNS) atau CAT BKN (Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara)

* Juli-September 2021: Seleksi Kompetensi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Non Guru (CAT BKN). Catatan: Dilakukan sesudah proses SKD CPNS selesai di tiap lokasi. 

* Seleksi Kompetensi PPPK Guru (Computer Based Test Kemendikbud):

  Agustus 2021: Tes 1 

  Oktober 2021: Tes 2  

  Desember 2021: Tes 3

* September - Oktober 2021: Pelaksanaan SKB (Seleksi Kompetisi Bidang) CPNS

* Penentuan lulus CPNS 2021:

- November 2021: Pengumuman Akhir dan Masa Sanggah

- Desember 2021: Penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai) CPNS/Nomor Induk PPPK 

Bagaimana rincian alokasi formasi CPNS 2021? Mari kita intip!

Formasi yang dibutuhkan pemerintah Pusat, Provinsi dan daerah meliputi tenaga pendidikan, kesehatan dan tenaga teknis. Perinciannya, di Pemerintah Pusat, alokasi formasi meliputi tenaga dosen, penjaga tahanan, penyuluh keluarga berencana, analisis perkara peradilan dan pemeriksa.

Adapun untuk lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur, formasi tenaga pendidikan meliputi pembimbing konseling, guru Bahasa Indonesia, guru matematika, guru Bahasa Inggris, Guru IPA, guru teknologi informasi dan komputer. 

Alokasi formasi di bidang kesehatan adalah dokter, perawat, asisten apoteker, dokter gigi, dokter spesialis (anak, anastesi, kandungan, radiologi), S-1 Kesehatan Masyarakat, D-IV Kebidanan/Profesi Bidan, D-III Kesehatan Lingkungan. Sedangkan jabatan teknis meliputi pranata komputer, polisi kehutanan, pengawas benih tanaman. 

Rincian formasi CPNS 2021 Kabupaten Jember, laiknya Pemerintah daerah: guru, tenaga kesehatan, dan jabatan teknis. Guru di antaranya guru kelas, guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, guru bimbingan konseling. Tenaga kesehatan adalah perawat, bidan, dan dokter. Jabatan teknis di antaranya penyuluh pertanian, auditor, dan pengelola pengadaan barang/jasa.

Portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) di https://sscasn.bkn.go.id/

Mengingat berartinya peluang berkarir seiring digelarnya seleksi CPNS dan PPPK, jangan ketinggalan kabar. Simak terus portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) yang bisa diakses melalui tautan https://sscasn.bkn.go.id/.

Disampaikan oleh Kepala BKN (Badan Kepegawaian Negara), Bima Haria Wibisana, pendaftaran untuk seleksi ASN 2021 hanya menggunakan Portal SSCASN ini.

Pilih menu sesuai yang Anda inginkan: 

* SSCN DIKDIN di https://dikdin.bkn.go.id/ untuk seleksi sekolah kedinasan

* SSCN di https://sscn.bkn.go.id/ untuk seleksi CPNS

* SSP3K di https://ssp3k.bkn.go.id/ untuk seleksi PPPK

Nah, putra-putri Jember, silakan menangkap sebaik-baiknya peluang emas untuk berkarir ini ya. Terlebih selama dua tahun berturut-turut Anda telah kehilangan momen mengikuti seleksi CPNS. Semoga sukses! (*) mel/mel      Foto: @gocpns2021, IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X