Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Perguruan Pencak Silat Se-Jember Komit Bersatu dan Berprestasi

Nasional
10 Jun 2021
Perguruan Pencak Silat Se-Jember Komit Bersatu dan Berprestasi

hariansuara.com Jember - Sifat ksatria pesilat akhirnya memenangkan perseteruan yang sempat terjadi antaranggota perguruan pencak silat di Kabupaten Jember. Total 30 perguruan pencak silat yang terdaftar di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) hadir di Pendopo Wahyawibawagraha Selasa (08/06/2021) untuk menandatangani deklarasi Kesepakatan Bersama. 

Dibuka dengan penampilan Tari Cimande dari Perguruan Pencak Silat Cimande, acara penting untuk kesatuan dan persatuan Kabupaten Jember dan Indonesia secara luas ini dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember: Bupati Jember, Ketua DPRD Jember, Kapolres Jember dan Dandim 028. Jajaran Perguruan Pencak Silat Se-Kabupaten Jember yang dipimpin Ketua IPSI, Agus Supaat. 

“Terdapat kurang lebih 30 perguruan pencak silat yang terdaftar di IPSI, yang alhamdulillah semuanya hadir dalam agenda hari ini. Saya bangga sekali,” lapor Plt Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol), Drs Sigit Akbari, MSi. 

Ditambahkannya, pemerintah menggelar penandatangan Kesepakatan bersama ini agar terbangun semangat silaturahim, persaudaraan dan saling menghormati nama baik antarperguruan pencak silat Se-Kabupaten Jember. Saling menjunjung tinggi kesetiakawanan dan berkomitmen saling menjaga NKRI. Kami berharap masyarakat aman dan tenteram.

Beberapa poin dari kesepakatan itu adalah rencana menggelar ajang antarperguruan agar energi dan potensi pesilat di Jember tersalur ke hal positif. Ini untuk mencegah tawuran. Kemudian, disepakati setiap pimpinan perguruan bertanggung jawab atas tindakan anggotanya. Bila kembali terjadi tindakan kekerasan lagi, Pemkab Jember bisa menjatuhkan sanksi berupa pelarangan atau pembekuan seluruh kegiatan perguruan itu. 

Bupati Jember Hendy Siswanto, yang hadir bersama Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman, mengaku bangga dan bahagia atas kesepakatan yang dicapai antara perguruan pencak silat se-Kabupaten Jember ini. Diharapkannya, masing-masing perguruan tinggi menyalurkan energi mereka ke hal-hal yang positif. 

“Persiapkan diri, tingkatkan prestasi untuk hadapi agenda besar tahun depan. Jember menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur,” pesan Bupati Hendy, yang berharap Kabupaten Jember jadi juara umum.

Agus Supaat mengucapkan terima kasih yang dalam kepada Pemkab Jember yang akan mengadakan Sider Event Pencak Silat akhir 2021. "Kami siap bersatu dan berprestasi," ungkap Ketua IPSI Jember. (*) Bisri/Santang      Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X