Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Si Cantik Lovebird yang Masih Jadi Primadona

Peluang Usaha
23 May 2020
Si Cantik Lovebird yang Masih Jadi Primadona

hariansuara.com, Jakarta - Pandemi Corona (Covid-19) boleh saja menggerus hampir semua sektor dan pengaruh terhadap pelaku usaha. Imbas ini juga dirasakan pelaku usaha yang menekuni penjualan burung kicau.

Namun, jenis burung kicau Lovebird bisa dikatakan masih tetap diburu meski di tengah pandemi. Permintaan disebut belum berubah meski harga menurun sedikit.

"Yang stabil Lovebird. Masih banyak yang mau beli. Apalagi harga turun sampai Rp20 ribuan lah bang," ujar salah seorang pemilik kios burung, Ryan, di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat, 22 Mei 2020.

Ryan mengatakan saat pandemi memang acara kontes lomba burung hampir tak ada. Namun, imbauan di rumah saja dengan work from home atau WFH tampaknya membuat masyarakat masih ingin merawat burung kicau.

Untuk harga Lovebird memang rata-rata Rp100 ribu sampai Rp250 ribu. Tapi, jelang dan di tengah Corona, harganya saat ini di kisaran Rp85 ribu sampai Rp230 ribu-an. Namun, dikatakan keuntungan penjualan Lovebird lebih baik dibanding burung kicau lain seperti Kacer, Pentet, dan Kenari.

"Ini hari ada pesenan lima Lovebird ke Cimanggis, Pasar Baru yang warna kuning pastel sama biru cobalt. Lumayan bang," ujar Ryan.

Hal senada disampaikan pemilik kios burung di Kramatjati, Jakarta Timur, Syaifudin. Pria yang akrab disapa Udin itu mengaku Lovebird masih digemari karena harga murah dan perawatannya yang juga mudah.

Pun, Lovebird punya keunggulan dalam kecantikan warna yang beragam. Kata dia, yang paling banyak dicari saat ini adalah Lovebird jenis albino, lutino, dan cobalt. Tapi, yang tersedia di kiosnya adalah cobalt.

"Kalau lutino. albino agak susah. Mesti mesen dulu, itu juga jarang," kata Udin.

Dia mengatakan keuntungan dari penjualan khusus Lovebird hampir sama sebelum pandemi Corona.

"Mungkin orang yang bosan di rumah terus tapi punya duit beli Lovebird. Kalau hari ini aja udah empat cobalt yang laku," sebutnya. (*) ras/umi

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X