Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Sport

Bintang-bintang Afrika Bergabung Memerangi Virus Corona: Tetap Kuat, Mari Kita Bertarung Bersama!

Sport
27 Mar 2020
Bintang-bintang Afrika Bergabung Memerangi Virus Corona: Tetap Kuat, Mari Kita Bertarung Bersama!

hariansuara.com, Jakarta - Pesepakbola dan musisi telah berada di garis depan perjuangan melawan virus corona atau Covid-19 di Afrika, menjangkau tidak hanya di media sosial tapi juga dengan sumbangan dana.

Di antara yang pertama melangkah adalah pemain sayap Senegal Sadio Mane yang menyumbangkan 30 juta franc CFA ( 50.000 ribu dollar) kepada Komisi Medis Nasional negaranya.

Di Pantai Gading, mantan striker Chelsea Didier Drogba menyumbang masker ke katedral Abidjan, dengan mengatakan,  "Saudaraku, saudara-saudaraku, aku memintamu untuk menangani masalah ini dengan sangat serius."

Striker  Afrika lainnya, pemain Kamerun Samuel Eto'o, mendesak masyarakat Afrika untuk mematuhi dengan ketat tindakan pencegahan.

"Saudara-saudari Afrika saya! Virus Corona telah mengambil alih hidup kita. Dengan kejahatan, kesombongan dan tanpa pemberitahuan," tulis Eto'o.

"Ia tidak mengenal ras, agama atau partai politik. Ia membunuh orang kaya dan orang miskin. Bahkan di negara-negara di mana penelitian dilakukan dengan baik, konsekuensinya adalah bencana. Tidak dapat diprediksi."

"Karena semua alasan ini, saudara-saudaraku, orang tua, orang tua terkasih, saya meminta Anda untuk menghormati instruksi yang diberikan oleh otoritas negara kita dan Organisasi Kesehatan Dunia."

Afrika sub-Sahara hanya mencatat 1.642 kasus dan sekitar 20 kematian, menurut hitungan AFP pada 1100 GMT Kamis dari kasus yang dinyatakan secara resmi.

Namun, benua itu khawatir penyebarannya akan seperti kilat yang akan membanjiri struktur kesehatannya yang sudah rapuh.

Di Afrika Selatan, kapten rugby Springbok Siya Kolisi merilis beberapa video online yang memperlihatkan dirinya di rumah bersama anak-anaknya, mengikuti peraturan isolasi yang ditetapkan oleh Presiden Cyril Ramaphosa

"Tetap aman, tetap kuat, mari kita bertarung bersama," katanya.

Sementara itu, para Musisi Afrika  "menyanyikan lagu perang" melawan virus Corona.

Youssou N'Dour, yang digambarkan oleh majalah Rolling Stone pada 2004 sebagaoi "the most famous singer alive"di Senegal dan Afrika, menyerahkan sejumlah peralatan medis kepada kementerian kesehatan di Dakar pada pertengahan Maret.

Rappers rekan Senegal rapper "Y en a marre"merilis lagu berjudul "Fagaru Ci Corona" yang memperingatkan bahaya virus dan menyarankan untuk mencuci tangan dan memakai masker.

Di Uganda, penyanyi Bobi Wine telah meminta para penggemarnya untuk menjaga jarak sosial dan karantina dalam sebuah video di Twitter.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X