Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Sport

Setop Polemik PSSI dan Shin Tae-yong, Fokus Siapin Timnas

Sport
25 Jun 2020
Setop Polemik PSSI dan Shin Tae-yong, Fokus Siapin Timnas

hariansuara.com, Jakarta - Kabar kurang enak dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait perselisihannya dengan pelatih timnas Shin Tae-yong. Tensi sempat memanas karena PSSI mengancam Tae-yong bila pekan depan tak balik ke Indonesia.

Pengamat sepakbola nasional, Supriyono Prima berharap polemik ini tak berlarut. Sebab, pemgaruhnya berdampak negatif terhadap program sepakbola nasional.

"PSSI harus pakai pendekatan khusus. Semua bisa dibicarakan dengan baik untuk kepentingan ke depan," ujar Supriyono kepada hariansuara, Kamis, 25 Juni 2020.

Dia mengingatkan PSSI karena program ke depan akan berderet lantaran event skala internasional sudah di depan mata. Salah satunya  Piala Asia U-19 yang akan digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Belum lagi persiapan timnas senior menghadapi tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. Harus jadi perhatian karena rangkaian agenda FIFA kemungkinan tetap jalan meski di tengah pandemi Corona.

"Itu yang harus dipikirkan dan jadi fokus. Tak perlu ancam pecat Tae-yong dengan bicara ke publik. Saya yakin Tae-yong masih bisa diajak kerjasama," tuturnya.

Meski demikian, ia juga mengkritisi sikap Tae-yong. Menurutnya pelatih asal Korsel itu agak egois memaksakan pemusatan latihan di Korsel. Kata dia, program pelatihan mesti dikoordinasikan dengan PSSI, selaku induk sepakbola nasional.

"Coach Tae-yong juga mesti turun dan tak perlu bicara kemana-mana. Hormati PSSI dan timnas Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia ( APSSI), Yeyen Tumena curiga kemungkinan adanya pihak yang memancing air keruh antara PSSI dan Tae-yong.

Dia heran sikap Tae-yong yang mudah meluapkan keburukan PSSI ke media massa Korsel. Ia uriga ada individu yang punya kepentingan mendorong pelatih 49 tahun itu mengatakan hal negatif tentang PSSI. 

"Coach Tae-yong kan baru enam bulan latih timnas. Itu pun belum optimal. Kok bisa dia bicara ke media massa di Korsel," tutur Yeyen kepada wartawan, Rabu, 24 Juni 2020.

Untuk diketahui, PSSI meminta Tae-yong dan sejumlah stafnya segera balik ke Indonesia untuk mempersiapkan program persiapan Timnas U-19 dan timnas senior.

PSSI memberi tenggat kepada eks pelatih Timnas Korsel itu sampai di Indonesia pada Minggu, 29 Juni 2020. Nah, Tae-yong sebelumnya bicara ke media massa di Korsel belum bisa balik ke Indonesia karena alasan kasus Corona terus bertambah.(*) roh/stm

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X