Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Sport

Jelang Piala Dunia U-20, Intip Profil 6 Stadion Megah Ini

Sport
15 Dec 2020
Jelang Piala Dunia U-20, Intip Profil 6 Stadion Megah Ini

hariansuara.com, Jakarta - Indonesia akan jadi host tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei 2021. Enam stadion sudah ditunjuk PSSI sebagai venue penyelenggaraan.

Nah, kali ini, Selasa, 15 Desember 2020, desk sport hariansuara coba merangkum enam stadion yang sudah didaftarkan ke FIFA tersebut. Meski di tengah pandemi Covid-19, perhelatan Piala Dunia U-20 belum ada perubahan dari FIFA.

Jika tak ada hambatan, anak asuh Shin Taeyong akan berlaga melawan tim-tim junior kelas dunia macam Brasil dan Prancis.

Enam stadion yang direkomendasikan jadi venue adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo). Kemudian, ada Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).

Pun, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp400 miliar untuk merenovasi lima stadion.

Untuk Stadion Utama Gelora Bung Karno tak butuh banyak renovasi. Berbeda dengan lima stadion lain seperti Stadion Srowijaya, Stadion si Jalak Harupat, Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Yuk, langsung aja cek profil enam stadion tersebut

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Venue stadion berkapasitas 77 ribu orang ini bisa dibilang paling besar di Tanah Air. Stadion megah di kawasan Senayan Jakarta itu sudah pengalaman menggelar event skala internasional.

SUGBK terakhir kali menggelar hajatan besar seperti pesta pembukaan Asian Games 2018. Untuk diketahui, stadion ini juga jadi kandang dari Timnas Indonesia. 

Dengan desainnya, stadion ini juga memiliki fasilitas terlengkap dengan kualitas internasional. Rumput dan lampu penerangan juga sudah sesuai kualifikasi FIFA.

2. Stadion Si Jalak Harupat

Si Jalak Harupat

Kabupaten Bandung jadi pilihan PSSI karena memiliki Stadion Si Jalak Harupat. Stadion yang berlokasi di di Soreang itu memiliki kapasitas 28 ribu.

Keunggulan stadion ini juga sudah dipakai Persib Bandung sebagai kandangnya. Selain itu, kualitas rumput dan lokasi yang strategis jadi kelebihannya. 

Namun, stadion ini juga paling banyak menyedot anggaran renovasi karena beberapa perbaikan seperti ruang ganti pemain, kamar mandi hingga tempat duduk single seat penonton.

3. Stadion Manahan Solo

Warga Solo boleh berbangga dengan terpilihnya Stadion Manahan. Stadion ini baru rampung di awal tahun 2020 direnovasi.

Desain stadion baru ini juga berbeda dan lebih modern. Daya tampung kapasitas penonton bisa sampai 25 ribu.

Meski belum punya pengalaman gelar event besar, tapi stadion ini punya kelengkapan fasilitas mumpuni. Selain itu, akses pendukung dan lokasi juga jadi kelebihannya.

4. Stadion Gelora Bung Tomo

Gelora Bung Tomo

Sepakbola Tanah Air hambar tanpa Surabaya dengan suporter fanatiknya Bonek mania. Nah, Surabaya terpilih sebagai salah satu kota penyelenggara Piala Dunia U-20 dengan kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo.

Stadion ini memiliki daya tampung 50 ribu penonton. Namun, PSSI mesti kerja keras karena stadion ini jauh dari akses Kota Surabaya.

Meski demikian, keunggulan stadion ini dekat dengan sejumlah tempat penginapan dan lapangan latihan.

5. Stadion Kapten I Wayan Dipta

Bali bisa bersolek jika benar Piala Dunia U-20 tak ada hambatan digelar pada Mei 2021. Salah satu stadion di Bali, Kapten I Wayan Dipta ditunjuk PSSI jadi venue.

Renovasi total pun disiapkan untuk mempercantik stadion kebanggaan warga Bali. Stadion yang juga markas Bali United itu memiliki kapasitas 28 ribu penonton.

Rancangan stadion ini disiapkan dengan kualitas rumput kelas dunia serta fasilitas internasional. Selain itu, suguhan pariwisata khas Bali akan jadi nilai plus.

6. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Sriwijaya

Ini stadion satu-satunya di Pulau Sumatera yang ditunjuk PSSI. Stadion Gelora Sriwijaya menyisihkan nama lain seperti Stadion Nasional Pekanbaru, Riau sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20.

Jika menilik pengalaman, Stadion Gelora Sriwijaya memiliki event internasional dan fasilitas yang cukup lengkap. Contoh pengalamannya, mulai Asian Games 2018, Sea Games 2013, hingga Piala Asia 2007.

Kapasitas stadion ini sanggup menampung 38 ribu penonton. Kelebihan lain stadion ini dekat dengan hotel dan lapangan latihan.(*) bib/lia      FOTO: Stadion-stadion venue Piala Dunia U-20 2021/Istimewa

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X