Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Sport

Matthew Pasaribu, Pecatur Muda Asal Indonesia, Juarai Menlo Park Open di Pretoria, Afrika Selatan

Sport
25 Jul 2022
Matthew Pasaribu, Pecatur Muda Asal Indonesia, Juarai Menlo Park Open di Pretoria, Afrika Selatan

hariansuara.com - Namanya, Matthew Bona Partogi Pasaribu. Usia pecatur asal Indonesia kelahiran Afrika Selatan itu baru 16 tahun. Tetapi, talentanya istimewa dan kelak bermasa depan cemerlang di bidang cabang olahraga catur.  

Sabtu lalu (23/7/2022) putra dari pasangan Michael Pasaribu dan Dwi Monita Suparyanto kembali menjadi Juara I di Turnamen Catur Menlo Park Open di Pretoria, Ibu Kota Afrika Selatan. Ini satu klasemen pertandingan catur tingkat regional yang cukup bergengsi di Afrika Selatan. 

Ibunda Matthew sangat terharu atas prestasi putranya yang berpembawaan tenang itu. Bu Nita, ia kerap disapa, berdarah keturunan Cape Malay di Cape Town. Dengan kiprah Matthew, ia berharap putra kecintaannya ini dapat terus berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di Afrika Selatan. 

"Perasaan saya campur aduk. Sebagai ibu, saya merasa gembira, terharu, senang dan bangga. Matthew baru kembali aktif berlatih 2 bulan terakhir setelah tiga tahun stop berlatih. Ia mendapatkan medali emas dan hadiah uang 600 Rand atau sekitar 600 ribu rupiah," ujar Bu Michael yang setia mendampingi putranya berlatih maupun mengikuti turnamen. 

Pun, dukungan Sang Ayah, Michael Pasaribu, yang bekerja di Kedutaan Besar Republik Indonesia Pretoria, Afrika Selatan. Ia mengawal kiprah putranya di catur, sehingga mengenal baik insan percaturan di Afrika Selatan, termasuk di antaranya Direktur Turnamen, Michelle Erasmus.

"Saya bersyukur akan berkah Tuhan melalui Matthew. Ia bikin bangga. Pada pertandingan catur antar-SMA U-18, 7 Mei lalu di Wonderboom, Pretoria, ia berhasil memenangkan 4 dari 5 pertandingan dan lolos ke babak turnamen ke Tingkat Provinsi Gauteng, melingkupi Ibu Kota Pretoria dan Johannesburg," timpal Michael.

Perjalanan Matthew bercatur telah beberapa kali teruji. Tercatat, setidaknya dua kali ia berhasil menjuarai catur di Silver Lakes Chess Club Open Tournament 2022. Kemudian bersama 7 pemain lainnya menjuarai U-18 D3 Tshwane di Tingkat Provinsi Gauteng, dan pada Juni 2022 harus puas menjadi  Juara 3 Arnold Classic Chess Tournament. 

"Ada catatan tersendiri, pada Silver Lakes Chess Club Open Tournament 2022, Matthew menjadi yang terbaik dari 40 pecatur yang berkompetisi di Kategori Catur Section D di Pretoria, Sabtu, 15 Mei. Pada partai ketiga, ia mengalahkan mantan Juara asal China, Weng Yu Bo atau David, dengan perolehan 4,5 poin untuk empat kali menang dan satu remis. Adapun Riley Jade Adam's asal Afrika Selatan mendapatkan Medali Perak usai bertanding remis melawan Matthew di partai terakhir," lanjut Michael. 

Matthew Bona Partogi Pasaribu punya jalan terbentang ke depan dalam bercatur. Juara lomba matematika se-Provinsi Gauteng 2014 memimpin China di Juara 2 dan India Juara 3 ini, cerita Ayahandanya,terus giat berlatih mengasah kemampuannya bercatur. 

"Aku harus menang dalam pertandingan HUT RI ke-77 esok, dan mendapatkan hadiah dan penghargaan dari KBRI Pretoria," ujar Michael, menirukan perkataan Matthew, putra tersayang. (*) Maulana/MTS         Foto: Dok Pri

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X