Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Keren Nih, TNI AD Pakai Helmet Thermal Buat Cegah Covid-19

Tekno
31 May 2020
Keren Nih, TNI AD Pakai Helmet Thermal Buat Cegah Covid-19

hariansuara.com, Jakarta - Meski pemerintah tengah menyiapkan protokol fase new nomal, angka kasus Corona (Covid-19) yang masih terus meningkat jadi keprihatinan. Upaya pencegahan penularan Covid-19 yang harus jadi prioritas.

Salah satunya yang dilakukan TNI AD. Matra kesatuan TNI itu menggunakan helm berteknologi terbaru yaitu helmet thermal KC wearable. Kadispenad Kolonel Inf Nefra Firdaus menyampaikan helmet thermal ini merupakan inovasi IT canggih, karena bisa mendeteksi suhu tubuh beberapa orang dalam waktu bersamaan. 

Keunggulan helm ini bahkan lebih cepat dan efektif dibandingkan thermo gun.

“Inovasi ini dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang melalui jarak sampai dengan 10 meter. Selain itu dapat memeriksa suhu tubuh orang yang lebih banyak dan tentunya waktunya akan lebih cepat dan efektif,” kata Nefra dalam keterangannya yang dikutip hariansuara pada Minggu, 31 Mei 2020.

Dengan metode seperti itu, inovasi teknologi ini bisa juga mereduksi risiko petugas pemeriksa suhu tubuh. Instansi TNI AD sudah menyosialisasikan penggunaan helm ini.

“Selain untuk mendeteksi dan menyeleksi orang yang masuk ke fasilitas TNI AD, termasuk rumah sakit, ini juga menegaskan komitmen TNI AD dalam memutus dan mencegah penyebaran pandemi Covid-19,” lanjutnya.

Helm TNI AD
Helmet Thermal KC Wearable/Fofo: Dispen TNI AD

 

Sementara, Letda Ckm (K) dr. Eva salah satu peserta pelatihan dari kesehatan Sekolah Calon Perwira AD di Bandung menyampaikan helmet thermal KC wearable membantu tenaga medis karena karena kemampuannya yang lebih cepat dalam mendeteksi suhu tubuh.

Menurutnya, selama ini pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun biasanya dilakukan satu per satu.

"Namun dengan alat ini kita dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang lebih cepat, dan dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa harus mendekati orang tersebut,” jelas dr. Eva.

Pun, ia berharap helm ini nantinya bisa dipakai tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19.

“Sangat membantu tim medis, karena dapat mendeteksi secara dini dari orang-orang yang terinfeksi Covid-19, sehingga dapat mengurangi dampak penyebaran pandemi ini,” tuturnya. (*) ras/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X