Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Dari Delapan Kota di Jawa Timur, Jember Alami Inflasi Tertinggi

Cakrawala Daerah
02 Apr 2020
Dari Delapan Kota di Jawa Timur, Jember Alami Inflasi Tertinggi

hariansuara.com, Jember - Badan Pusat Statistik (BPS) Jember mencatat pada bulan Maret 2020, Kabupaten Jember mengalami inflasi sebesar 0,34 persen dengan indeks  harga konsumen (IHK) sebesar 104,62 persen. 

Dari delapan kota IHK di Jawa Timur tujuh kota mengalami inflasi dan satu kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Jember sebesar 0,34 persen sedangkan deflasi terjadi di Kota Malang sebesar 0,41 persen. 

Dari sebelas kelompok pengeluaran, delapan kelompok pengeluaran mengalami inflasi, dua kelompok pengeluaran mengalami deflasi, dan sisanya stabil. 

Kelompok  pengeluaran yang mengalami inflasi tertinggi adalah kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,98 persen; diikuti oleh kelompok  makanan, minuman dan tembakau inflasi sebesar  0,77 persen; kelompok peralatan, perlengkapan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar  0,31  persen; sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah  kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen dan rekreasi olahraga dan budaya sebesar 2,77 persen.

Komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya inflasi adalah rokok kretek filter, emas perhiasan, air kemasan, gula pasir dan jeruk. Sedangkan komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya deflasi adalah cabai rawit, cabai merah, bawang putih, mainan anak dan jagung manis.(*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X