Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Vila Solong, Destinasi Wisata Banyuwangi Siap Masuki New Normal

Cakrawala Daerah
27 Jun 2020
Vila Solong, Destinasi Wisata Banyuwangi Siap Masuki New Normal

hariansuara.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Kamis, 25 Juni 2020. Jokowi didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Menko Polhukam Mahfud MD, untuk mengecek kesiapan tatananan baru atau new normal di sektor pariwisata.

Salah satu lokasi yang didatangi Jokowi ialah Vila Solong. Keunikan tempat wisata ini menghadirkan rumah-rumah khas Suku Osing dengan lansekap indah berlatar Selat Bali. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi dijelaskan terkait kesiapan new normal sektor pariwisata. Eks Wali Kota Solo itu juga menyempatkan melihat aksi Tari Gandrung dengan konsep tatanan baru.

Selain itu, ia memuji keberadaan Hotel Dialoog yang punya konsep perpaduan modernitas dan lokalitas di pantai yang tak jauh dari Vila Solong. 

“Hari ini saya melihat persiapan Banyuwangi menyiapkan menuju tatanan baru pariwisata. Saya lihat di lapangan, Banyuwangi daerah yang siap menuju prakondisi menuju normal baru,” kata Jokowi dalam keterangan resmi tertulis Pemkab Banyuwangi yang diterima hariansuara pada Sabtu, 27 Juni 2020.

Jokowi pun mengapresiasi kemajuan sektor pariwisata di Banyuwangi yang memberdayakan masyarakat setempat. Struktur pengembangan pariwisata seperti hotel bintang tiga ke bawah di Banyuwangi diberikan kepada masyarakat setempat. Maka itu, marak kemunculan homestay.

"Yang bintang 4-5 diberikan kepada investor. Proses seperti ini patut dicontoh daerah lain,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampai, kesiapan new normal pariwisata di daerah yang dipimpinnya dilakukan sejak awal Juni. Kata dia, Banyuwangi sudah melakukan sertifikasi tatanan baru dengan melibatkan ahli kesehatan. 

Dengan kebijakan itu maka obyek wisata, hotel, hingga kafe mendapat semacam ‘sertifikat new normal’.

Banyuwangi juga melatih para pemandu wisata untuk memasuki tatanan baru dengan edukasi kesehatan. Para pemandu wisata yang lolos mendapat ‘sertifikat new normal’. 

“Ke depan, semua pelaku pariwisata Banyuwangi bukan lagi jualan keramahan, service terbaik, dan harga kompetitif, tapi juga jualan gaya hidup sehat, paham dan jalankan protokol kesehatan A sampai Z," jelasnya.(*) roh/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X