Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Transportasi Umum Terintegrasi untuk Kenyamanan Masyarakat Naik Kendaraan Umum

Cakrawala Daerah
01 Jul 2020
Transportasi Umum Terintegrasi untuk Kenyamanan Masyarakat Naik Kendaraan Umum

hariansuara.com, Jakarta – Sangat sulit mengelola transportasi umum sendiri-sendiri untuk melayani pengguna kendaraan umum di Kota Megapolitan Jakarta. Demi efisiensi, efektivitas dan kenyamanan para pengelola maupun masyarakat pengguna, haruslah dilakukan terobosan yang mengintegrasikan transportasi umum.

Awal Juni lalu, Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PT. MRT Jakarta (MRTJ), PT. Transportasi Jakarta (TJ), dan PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) berkolaborasi dengan PT. Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) meresmikan 4 stasiun terpadu. Kini diselenggarakan sistem integrasi pembayaran antarmoda transportasi., baik dalam penyediaan layanan modanya, tetapi juga penetapan tarif dan sistem pembayarannya. Diharapkan, pengaturan ini akan memberikan layanan transportasi yang nyaman, mudah dan efisien. Masyarakat hanya cukup membawa satu alat pembayaran untuk naik moda transportasi umum apa saja. 

Dengan kolaborasi pengintegrasian moda transportasi umum ini diharapkan Gubernur Anies Baswedan, akan makin banyak masyarakat yang beralih naik kendaraan umum seperti di era 20 tahun lalu, di mana 75% penduduk Jakarta beraktivitas dengan transportasi umum. 

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam proses pengintegrasian ini. Meskipun ini dikelola secara B to B (Business to Business), tetapi tujuannya tetap untuk keadilan sosial. Seperti halnya apa yang digagas Bung Hatta saat bicara ekonomi Indonesia, adalah mekanisme pasar untuk mencapai keadilan sosial,” tulis Anies di akun Instagram resminya @aniesbaswedan pada Selasa, 30/6/2020. 

Diharapkan pula integrasi pembayaran ini mampu mewujudkan subsidi yang lebih tepat sasaran, sehingga biaya transportasi masyarakat bertransportasi umum massal jadi lebih ekonomis. Tentunya ini akan dirasakan sangat bermanfaat di mana harus berhemat di tengah pandemi Covid-19, termasuk dalam membiayai transportasi. (*) ras/zai, Foto: @aniesbaswedan

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X