Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Danramil Cimanggung Tertimbun Longsor Bersama Warga Bojong Kondang, Cihunjuang, Sumedang

Cakrawala Daerah
10 Jan 2021
Danramil Cimanggung Tertimbun Longsor Bersama Warga Bojong Kondang, Cihunjuang, Sumedang

hariansuara.com, Sumedang - Sejak kemarin (9/1/2021) warga di Dunun Bojong Kondang, RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat tertimbun tanah longsor. Tak terelakkan, tanah di mana rumah warga berdiri tiba-tiba seperti kehilangan gravitasi bumi. Ambles begitu cepat. 

Sampai berita ini disiarkan, longsor yang terjadi dua kali berturut-turut, pada pukul 15.30 dan 18.30 itu, telah menimbun orang-orang yang tengah berkumpul dalam perhelatan pernikahan. 

Berdasarkan laporan Kepala tim SAR (Search and Rescue) Bandung, Jawa Barat, dari laporan warga ada 27 orang yang hilang. Sampai hari ini berhasil ditemukan 13 korban dalam keadaan tidak bernyawa.

Di antaranya tercatat, ikut tertimbun longsor, Komandan Rayon Militer Cimanggung, Kapten Inf Setyo Pribadi, lalu Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang Yedi, serta Humas UAR (Potensi SAR) Cahyo Riyadi.

Kepala SAR Bandung, Deden Ridwansyah, timnya mengaku kesulitan dalam mencari dan menemukan para korban, karena kondisi medan yang sulit. Tetapi ia masih membuka pengaduan dari masyarakat yang keluarganya hilang. Posko SAR tersebut berada di SMAN 1 Cimanggung, Jalan Bunter Cihanjuang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat.

PMI Kirimkan 1 Unit Hagglund 

Sementara itu pagi tadi (10/1/2021) Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat mengirinkan 1 unit Hagglund ke lokasi tanah longsor dan banjir di Bandung. 

Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, memerintahkan jajaran PMI Jabar untuk membantu PMI Sumedang, serta mengirim relawan Satgana PMI serta logistik yang dibutuhkan korban tanah longsor. Pun, tim assesment untuk membantu menghitung kebutuhan para pengungsi, khususnya berupa Family Kit, Hiegine Kit dan Baby Kit. Barang kebutuhan pengungsi tersebut akan diambil dari Gudang Regional PMI yang ada di Kabupaten Serang, Banten.

Rencananya, pencarian korban yang belum ditemukan dilanjutkan esok hari, Senin (11/1/2021) pagi. (*) hab/roh   Foto: Lokasi longsor di Sumedang, zonabandung.com, PMI, dan djavatoday.com

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X